Artikel

Ini Alasan Mengapa Orang Yang Sehat Bisa Menjadi Orang Yang Produktif

Gaya hidup modern yang kamu jalani tanpa disadari bisa membawa gangguan dalam pola makan, pola tidur, serta penurunan aktivitas fisik. Saat ini, kamu menghabiskan sebagian besar waktu dengan melakukan rutinitas sehari-hari seperti berangkat kerja, duduk di meja di kantor, dan bekerja hingga sore atau bahkan hingga malam hari. Ditambah lagi dengan kurangnya waktu untuk berolahraga, maka tidak heran jika berat badan semakin bertambah dan kamu terjebak dalam menjalani kehidupan yang tidak seimbang.

Kebanyakan orang menghubungkan gaya hidup sehat dengan menjauhi segala hal-hal yang tidak penting untuk tubuh seperti makanan cepat saji, alkohol, rokok dan makanan manis. Memang hal tersebut tampak berat, tetapi bisa dilakukan. Semuanya tergantung dari cara kamu membuat pilihan dan mengubah cara kamu berpikir.

Bagaimana Makanan Memberi Efek Pada Produktivitas?

Salah satu hal yang paling menarik tentang makanan adalah bagaimana berbagai makanan yang kamu konsumsi akan masuk ke otak melalui aliran darah. Elemen apa pun yang terkandung di dalam makanan yang kamu konsumsi bisa ikut membantu otak untuk fokus atau justru kehilangan fokus. Ketika kamu fokus, produktivitas akan stabil atau meningkat. Begitu juga sebaliknya.

Tahukah kamu jika sebagian besar dari apa yang kamu makan akan dipecah menjadi Glukosa. Glukosa adalah bahan bakar tubuh manusia, dia berperan menjaga otak tetap terjaga dan waspada setiap harinya. Tubuh manusia memiliki kadar glukosa tertentu dalam darah. Makanan tertentu melepaskan glukosa dengan cepat, sementara yang lain melakukannya lebih lambat, namun secara berkelanjutan.

Penelitian menyebutkan jika otak bekerja paling baik jika memiliki sekitar 25 gram glukosa yang beredar di aliran darah. Dan bagian yang paling sulit adalah cara kamu mendapatkan 25 gram glukosa tersebut. Kamu bisa saja makan donat atau kamu bisa makan semangkuk kecil kacang-kacangan.

Perlu diingat, selama 8 jam sehari, efek makanan yang kamu konsumsi bisa sangat berbeda. Misal setelah makan donat, kamu akan melepaskan glukosa ke dalam darah dengan sangat cepat. Lalu ketika kadar glukosa habis dia juga akan turun dengan cepat, membuat kamu tidak fokus dan mudah teralihkan.

Beberapa Ide Kudapan Sehat Untuk Kamu Saat Bekerja.

Ketika kelaparan melandamu di tempat kerja, kamu pasti mudah tergoda oleh kelezatan donat atau makanan ringan lain yang ada di kantin kantor. Sayangnya enak dan nikmatnya cuma sementara karena bagaimanapun camilan yang tinggi gula berbahaya bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Ada banyak penelitian yang menghubungkan gula rafinasi dengan penyakit jantung, penambahan berat badan, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Gula juga memengaruhi produktivitasmu. Makan makanan manis memang bisa membuat kamu merasa kenyang dan memberi dorongan energi, tapi sifatnya hanya sementara. Apalagi gula sifatnya adiktif, membuat ketagihan. Jadi saat kamu makan makanan yang banyak mengandung gula, tubuhmu untuk membutuhkan lebih banyak lagi.

Penting untuk menjalankan diet seimbang dan makan sehat sepanjang hari untuk menjaga tingkat energi dalam kondisi baik. Makanan yang lebih tinggi protein, vitamin, dan memiliki jumlah karbohidrat yang moderat adalah pilihan yang baik. Berikut adalah beberapa ide kudapan sehat untuk kamu saat bekerja.

  1. Buah
    Makan buah adalah cara yang baik kalau kamu sedang ingin makan manis. Buah kaya vitamin, serat, dan karbohidrat (jenis yang baik). Buah-buahan seperti blueberry, pisang, dan stroberi dianggap superfoods yang berarti mereka memiliki nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Karena buah memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, memakannya akan membuat kamu merasa kenyang namun dengan kalori yang lebih sedikit.
  2. Kacang-kacangan
    Kacang memiliki banyak protein, serat, dan lemak esensial. Karena kandungan lemaknya yang lebih tinggi, semangkuk kecil kacang-kacangan akan cukup untuk memberimu energi. Setiap kacang memiliki kadar nutrisi dan lemaknya sendiri, jadi cara yang baik adalah dengan membuat trial mix (mencampur sendiri berbagai macam makanan sehat dalam satu wadah). Hindari konsumsi kacang asin karena justru akan meningkatkan kadar natrium. Menambahkan cokelat pada trial mix kamu juga boleh apalagi penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam baik untuk kamu.
  3. Yogurt
    Yogurt memiliki potasium, kalsium, dan protein. Ia juga memiliki probiotik yaitu bakteri “baik” yang membantu pencernaan dan melindungi kamu dari bakteri berbahaya. Kamu bisa memilih YoyiC sebagai salah satu alternatif minuman sehat. YoyiC dapat memenuhi kebutuhanmu atas minuman yang sehat sekaligus lezat untuk dikonsumsi.

Sumber

https://blog.bufferapp.com/the-science-behind-how-your-nutrition-will-decide-your-productivity-for-today 

https://desktime.com/blog/5-healthy-snacks-that-keep-you-productive-throughout-the-day 

https://www.lifehack.org/487188/9-simple-healthy-eating-rules-for-busy-people


Related Posts