Artikel

Manfaat Minum Susu Yogurt YoyiC

Yogurt telah menjadi salah satu jenis makanan yang dikonsumsi oleh manusia selama ratusan tahun.

Selain sangat bergizi, mengonsumsi secara teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda dalam beberapa aspek.

Apa itu Yogurt dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Yogurt adalah produk susu populer yang dibuat dari fermentasi bakteri susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt biasa disebut sebagai “kultur yogurt,” yaitu bakteri yang memfermentasi laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu.

Proses fermentasi akan menghasilkan asam laktat. Zat inilah yang akhirnya membuat protein susu menjadi mengental, dan juga memberi rasa dan tekstur yang unik.

Yogurt sendiri dapat dibuat dari semua jenis susu. Untuk jenis yang terbuat dari susu skim tidak akan mengandung lemak, sedangkan untuk yang terbuat dari susu murni kandungannya penuh akan lemak.

Banyak orang mengonsumsi yogurt namun tidak banyak orang tahu bagaimana asal mula dan bagaimana yogurt dikaitkan dengan kesehatan. Secara umum telah disepakati di antara sejarawan bahwa yogurt dan produk susu fermentasi lainnya ditemukan secara tidak sengaja sebagai akibat dari susu yang disimpan oleh metode primitif di iklim yang hangat.

Sebagian besar catatan sejarah mengaitkan yogurt dengan orang-orang Neolitik di Asia Tengah sekitar 6000 SM. Awalnya para gembala memulai praktek memerah susu hewan mereka, dan enzim alami dalam wadah pembawa yaitu perut hewan mengentalkan susu tersebut, yang akhirnya menjadi yogurt. Diperkirakan bahwa orang jaman dulu menyukai rasanya sehingga mereka melanjutkan praktik pembuatan yogurt, yang kemudian berevolusi selama berabad-abad menjadi pembuatan yogurt komersial. Dalam sejarah tercatat bahwa Genghis Khan, pendiri Kekaisaran Mongol, dan pasukannya telah mengonsumsinya. Tidak lama, manfaat kesehatan yang didapat pun dirasakan orang lain, lalu konsumsi yogurt pun menyebar ke seluruh Timur.

Popularitas yogurt melonjak di tahun 50-an dan 60-an dengan adanya booming budaya makanan kesehatan dan sekarang tersedia dalam banyak jenis untuk memenuhi setiap selera dan gaya hidup.

Kegunaan Yogurt bagi Kesehatan

Studi ilmiah di Turki menunjukkan bahwa hanya 35 dari 100 orang Turki yang mengonsumsi yogurt secara teratur. Setelah membaca artikel ini dan mengetahui manfaat yogurt, kamu mungkin akan menjadi salah satu dari mereka.

    1. Sebagai obat penawar saat kamu menggunakan antibiotik.
      Antibiotik terkadang diresepkan oleh dokter terhadap beberapa penyakit tertentu, sayangnya selain menghancurkan bakteri penyebab penyakitmu, mereka juga menyebabkan bakteri jinak (yang hidup secara alami di tubuhmu) untuk turut mati. Kalau kamu ingin menghindari efek samping dari antibiotik, kamu tidak boleh lupa untuk mengkonsumsinya.
    2. Memicu produksi vitamin B
      Tubuh kita hampir tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Hanya vitamin B dan K yang diproduksi melalui reaksi biologis di usus kita. Orang yang secara teratur makan yogurt membantu tubuh mereka memproduksi vitamin B di usus. Vitamin B mengatur keseimbangan energi tubuh sekaligus melindungi kamu dari penyakit saraf dan autoimun. Untuk mendapat manfaat ajaib yogurt ini, kamu harus mengkonsumsinya dengan airnya, jadi kamu bisa membeli yogurt biasa daripada yang padat seperti tipe greek yogurt.
    3. Menyeimbangkan gula darah Anda.
      Studi menunjukkan bahwa jika orang rutin mengonsumsi yogurt yang tidak difermentasi dan tidak diskim, kadar gula darah akan lebih terkontrol. Bahkan, karena yogurt sendiri adalah makanan yang hanya bisa diserap perlahan oleh usus, maka kadar gula darah Anda akan lebih terkontrol olehnya jauh di kemudian hari. Itulah sebabnya saya sangat menyarankan Anda untuk selalu mengonsumsi yogurt yang tidak difermentasi dan tidak diskim ketika Anda makan makanan sehari-hari.
    4. Perisai alami terhadap penyakit
      Dengan asam laktat di dalamnya, yogurt menjadi makanan yang patut diperhitungkan di antara makanan lain. Asam laktat mengubah lingkungan usus bagian dalam menjadi asam dan mencegah produksi sel kanker dengan menurunkan pH di sekitarnya sambil memfasilitasi produksi metabolit penguat sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, yogurt adalah penguat sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Bakteri asam laktat di dalamnya memiliki efek penting dalam mencegah kanker, infeksi, penyakit gastrointestinal dan asma. Konsumsi rutin yogurt harian dan segar meningkatkan pengaruh positif yogurt.
    5. Melancarkan sistem pencernaan
      Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang mempercepat gerakan usus dan tidak dapat ditemukan di makanan selain yogurt. Asam laktat dalam yogurt membunuh bakteri berbahaya di usus, mencegah diare dan membantu menciptakan lingkungan usus yang sehat. Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa produk susu fermentasi ini adalah pembersih usus. Yogurt meningkatkan penyerapan kalsium setelah dikonsumsi dan menstimulasi hormon saturasi di usus.
    6. Menjadi camilan yang baik dan sehat sebelum atau sesudah berolahraga.
      Manfaat minum yogurt selanjutnya yaitu kandungan karbohidrat dalam yogurt setidaknya dapat membantu mengisi energi Anda ketika berolahraga atau mengganti energi yang hilang setelah berolahraga. Terlebih lagi, kandungan kalium dan natrium yang ada didalamnya juga dapat membantu mengganti elektrolit yang Anda keluarkan saat olahraga.
    7. Meningkatkan energi Anda.
      Selain energi dari kandungan karbohidratnya, yogurt juga mengandung vitamin B yang dapat memberi energi tambahan ketika Anda membutuhkannya.

    Fakta Menarik dan Manfaat Susu Yogurt

    1. Yogurt sendiri mengandung banyak conjugated leinoeic acid, yang berfungsi sebagai makanan yang dapat mencegah kanker usus dan payudara. Selain itu, conjugated leinoeic acid sendiri merupakan salah satu senyawa paling penting dalam fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa tersebut juga akan berfungsi lebih efektif ketika diambil dari yogurt daripada pil suplemen.
    2. Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin, Anda dapat mencegah terjadinya infeksi helicobacter pylori, yang mana baru-baru ini menjadi alasan utama pada 60% kasus maag dan kanker perut yang ada di dunia. Lactic acid atau asam laktat yang terkandung dalam yogurt juga mencegah bakteri ini untuk berkembang biak dan bahkan membasminya di perut.
    3. Reaksi alergi dipicu oleh IgE (Immunoglobulin E) dan reaksi ini akan muncul dengan sendirinya di kulit. Yogurt akan mencegah penyakit atopik seperti dermatitis, asma, dan juga alergi makanan. Ketika kandungan dalam yogurt menyeimbangkan intestinalz flora, yogurt akan meminimalisir reaksi dari alergi yang akan muncul.
    4. Yogurt juga penting untuk kesehatan wanita. Lactobacillus dalam yogurt mencegah produksi candida (sejenis jamur) dan vaginitis di vagina. Studi mengungkapkan bahwa wanita yang secara teratur mengonsumsi yogurt akan memiliki kesehatan vagina yang lebih baik.

    YoyiC Berbeda dari Yoghurt Lainnya

    YoyiC adalah minuman berkualitas tinggi untuk melancarkan pencernaan dan baik untuk usus. Mengandung miliaran bakteri hidup (per 100 ml) sehari untuk perlindungan harianmu. Mengandung protein, mendukung penyerapan kalsium, meningkatkan pencernaan yang sehat, menjaga keseimbangan usus, serta meningkatkan kekebalan tubuh. YoyiC bisa dikonsumsi sebagai dessert yang sehat dan berkualitas dengan rasa yang segar dan lezat.

    Beberapa Produk Andalan YoyiC

    Ada beberapa produk YoyiC yang bisa kamu coba, diantaranya susu fermentasi rasa original dan leci, yogurt drink rasa mangga dan stroberi, serta yogurt rasa apel caramel dan vanilla blueberry. Produk ini mulai dipasarkan secara resmi pada awal Desember 2018. Jadi tunggu apa lagi, cobain yogurt yang enak ini dan beri tahu kami pendapat kamu tentang YoyiC yogurt.

    Sumber

    https://www.dairygoodness.ca/yogurt/the-history-of-yogurt

    https://www.dailysabah.com/health/2014/12/15/five-reasons-you-should-eat-yogurt-every-day


Related Posts