Artikel

Mengapa Yogurt Baik Untuk Pencernaan

Yogurt adalah salah satu produk susu fermentasi paling populer di dunia, dibuat dengan menambahkan bakteri hidup ke dalam susu. Yogurt telah dikonsumsi oleh manusia sepanjang sejarah, dan digunakan sebagai bagian dari makanan, camilan, atau sebagai komponen saus dan makanan penutup.

Selain itu, yogurt dapat mengandung bakteri menguntungkan dan berfungsi sebagai probiotik. Ini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang melampaui susu biasa. Yogurt juga memiliki 2 tekstur, cair seperti pada yogurt siap minum dan kental seperti pada Greek yogurt.

Fakta Nutrisi Yogurt

  1. Yogurt adalah sumber protein yang kaya

    Protein dalam yogurt dapat dibagi menjadi dua keluarga, whey dan kasein, tergantung pada kelarutannya dalam air. Protein susu yang larut dalam air disebut protein whey, sedangkan protein susu yang tidak larut disebut kasein. Kasein dan whey memiliki kualitas yang sangat baik, kaya asam amino esensial, dan memiliki daya cerna yang baik. Kasein dapat meningkatkan penyerapan mineral, seperti kalsium dan fosfor serta meningkatkan tekanan darah rendah. Sementara konsumsi protein whey dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti penurunan berat badan dan menurunkan tekanan darah.
  2. Lemak

    Jumlah lemak dalam yogurt tergantung pada jenis susu yang digunakan untuk membuat yogurt. Yogurt dapat diproduksi dari semua jenis susu, susu utuh, susu rendah lemak atau susu bebas lemak. Kandungan lemaknya dapat berkisar dari 0,4% dalam yogurt tanpa lemak hingga 3,3% atau lebih dalam yogurt full-fat (penuh lemak).
  3. Vitamin dan mineral

    Yogurt penuh lemak mengandung hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. Namun, ada berbagai jenis yogurt yang nilai gizinya dapat bervariasi secara substansial. Misalnya, nilai gizi yogurt dapat bergantung pada jenis bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi.
    Vitamin dan mineral berikut juga ditemukan dalam jumlah yang sangat tinggi dalam yogurt konvensional yang terbuat dari susu murni.
  4. Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang memiliki efek kesehatan yang menguntungkan ketika dikonsumsi. Bakteri baik ini ditemukan dalam produk susu fermentasi, seperti yogurt dengan kultur hidup dan aktif.

Probiotik utama dalam produk susu fermentasi adalah bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Probiotik memiliki banyak efek kesehatan yang menguntungkan, tergantung pada spesies dan jumlah yang diambil diantaranya:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kolesterol rendah: Asupan rutin probiotik jenis tertentu dan produk susu fermentasi dapat menurunkan kolesterol darah.
  • Sintesis vitamin: Bifidobacteria dapat mensintesis atau menyediakan banyak jenis vitamin, termasuk tiamin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, folat, dan vitamin K.
  • Menyehatkan pencernaan: Susu fermentasi yang mengandung bifidobacterium dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi gejala sindrom iritasi usus.
  • Perlindungan terhadap diare: Probiotik dapat membantu mengobati diare yang disebabkan oleh antibiotik.
  • Perlindungan terhadap konstipasi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yogurt secara teratur yang difermentasi dengan bifidobacterium, dapat mengurangi sembelit.

Yogurt Dan Manfaatnya Terhadap Kesehatan Pencernaan

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mengurangi gejala tidak nyaman sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome atau IBS), yang merupakan gangguan umum yang mempengaruhi usus besar.

Studi lain menemukan bahwa yogurt dengan Bifidobacteria memperbaiki gejala pencernaan dan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan di antara wanita yang tidak memiliki kondisi pencernaan terdiagnosis. Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa probiotik dapat melindungi terhadap diare terkait antibiotik, serta sembelit.

YoyiC Dapat Memenuhi Kebutuhan Sebagai Minuman Yang Sehat Dan Enak Untuk Dikonsumsi

YoyiC, brand yang berbasis di Singapura, mempromosikan gaya hidup sehat dengan berbagai olahan produk susu. Merupakan harapan terbesar YoyiC untuk memberdayakan setiap orang untuk mempertahankan cara hidup yang sehat, melangkah lebih jauh dan mencapai lebih banyak dalam hidup mereka. Bagi YoyiC, susu bukanlah tentang momen atau kejadian tertentu. Tapi untuk kapan saja, dan kapan saja.

YoyiC ingin memastikan bahwa kamu akan selalu menemukan cara untuk menikmati produk YoyiC yang sehat. Itulah mengapa YoyiC menciptakan produk yang sesuai dengan gaya hidup manusia sehari-hari, dari kesenangan pribadi, hingga pada nutrisi yang bisa dinikmati kapan saja.

Beberapa Produk Andalan YoyiC

Ada beberapa produk YoyiC yang bisa kamu coba, diantaranya susu fermentasi rasa original dan leci, yogurt drink rasa mangga dan stroberi, serta yogurt rasa apel caramel dan vanilla blueberry. Produk ini mulai dipasarkan secara resmi pada awal Desember 2018. Kamu bisa mendapatkan YoyiC di supermarket terdekat. Jangan lupa juga untuk beritahu kami pendapatmu tentang YoyiC.


Sumber
https://www.healthline.com/nutrition/foods/yogurt#section6https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-yogurt#section5

Related Posts