Artikel

Selain Menyehatkan, Yogurt Juga Membuat Awet Muda

Stress yang kita alami akibat kesibukan yang tinggi, paparan radikal bebas dan polusi ternyata bisa mempercepat proses penuaan dini lho. Tetapi bagaimana sih sebenarnya kaitan antara paparan radikal bebas dan penuaan dini? Dilansir dari Very Well Health, paparan radikal bebas dapat membawa perubahan pada tubuh. Kerusakan DNA dan dampak negatif lainnya juga sering dikaitkan dengan radikal bebas.

Ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh sangat tinggi dan melebihi kemampuan tubuh untuk menetralkannya, radikal bebas akan berakumulasi di dalam tubuh. Hal ini akan memicu suatu kondisi yang disebut stres oksidatif. Seiring waktu, kerusakan ini bakal mempercepat proses penuaan pada tubuh yang terjadi sebelum waktunya.

Radikal bebas dapat terbentuk melalui proses alami. Namun, radikal bebas juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, diet, stres, merokok, alkohol, olahraga, paparan sinar panas matahari dan polusi udara. Radikal bebas mampu merusak berbagai struktur seluler, seperti DNA, protein, dan membran sel.

Hasilnya, struktur tersebut akan mengalami proses oksidasi lalu rusak. Stres oksidatif akan memicu peradangan seluler yang berperan penting dalam proses penuaan kulit. Selain pada kulit, stres oksidatif juga menjadi pemicu utama timbulnya penyakit kronis dan degeneratif seperti kanker, katarak, penuaan dini, radang sendi, penyakit jantung dan pembuluh darah, maupun penyakit saraf.


Related Posts