Artikel

Benarkah Jika Yogurt Bisa Memaksimalkan Proses Detox

Gaya hidup masa kini yang serba instan dan cepat dapat membahayakan kesehatan. Padatnya aktivitas membuat kebanyakan orang mengambil jalan pintas dalam hal makanan, contohnya dengan konsumsi makanan instan yang tinggi garam atau tinggi gula.

Berdasakan pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, sebanyak 26,2 persen orang Indonesia mengonsumsi garam secara berlebihan. Banyak konsumsi garam dapat menimbulkan beberapa penyakit. Selain penyakit kardiovaskular standar, tekanan darah yang tinggi akibat kandungan sodium juga bisa menyebabkan kanker perut. World Cancer Research Fund maupun American Institute for Cancer Research berpendapat bahwa garam, termasuk juga makanan yang mengandung garam maupun makanan asin lain, adalah salah satu penyebab serangan kanker perut.

Sama halnya dengan efek akibat konsumsi gula yang tinggi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of the Indonesian Nutrition Association menunjukkan bahwa 29,7 persen penduduk Indonesia, atau setara dengan 77 juta jiwa, sudah mengonsumsi gula melebihi rekomendasi WHO. WHO sendiri merekomendasikan untuk mengonsumsi gula kurang dari 50 gram per hari. Namun banyak yang belum bisa mengatur pola makan, termasuk konsumsi gula per harinya. 

Konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan insulin menjadi resisten yaitu tidak mampu menjalankan tugasnya dalam merubah gula menjadi energi, sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) yang berisiko memicu kegemukan (obesitas) dan diabetes mellitus. Diabetes yang tidak terkontrol akan berisiko mengganggu organ tubuh lainnya, seperti jantung, ginjal dan lain-lain.

Peran Yogurt yang Dapat Menyeimbangkan Tubuh Karena Kandungan Potasiumnya yang Tinggi

Salah satu masalah terbesar dari makanan-makanan instan siap saji adalah tingginya kandungan sodium dan rendahnya kandungan potasium. Padahal studi menunjukkan, meningkatkan asupan potasium dan mengurangi sodium dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 21 persen dan juga risiko penyakit jantung.

Kamu juga disarankan untuk mendapat asupan potasium yang biasa terkandung dalam buah pisang, air kelapa muda, ubi jalar, dan yogurt. Potasium, yang banyak dikandung pisang atau air kelapa muda dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengeluarkan sodium sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Potasium merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan. Orang dewasa perlu mengasup 4.700 miligram potasium setiap harinya.

Nah, untuk mendapatkan cukup potasium setiap harinya, ada baiknya kamu mulai konsumsi makanan-makanan ini.

  1. Ubi
    Ubi merupakan makanan dengan kandungan potasium tertinggi. Satu buah ubi mengandung sekitar 694 mg potasium dan hanya 131 kalori. Ubi juga kaya serat, beta-karoten, dan karbohidrat.
  2. Saus tomat
    Tak ada yang memungkiri manfaat tomat segar, namun jika ingin kandungan potasiumnya yang tinggi, tomat perlu dibuat dulu menjadi saus. Seperempat mangkuk saus tomat mengandung 664 mg potasium. Sementara itu, jika dijus tomat juga dapat memberikan 400 mg potasium.
  3. Daun bit
    Dalam tanaman bit, kita seringkali hanya memanfaatkan umbinya dan membuang daunnya. Padahal daun bit mengandung potasium yang sangat tinggi yaitu 644 mg setiap setengah mangkuknya. Daun bit juga mengandung antioksidan yang tinggi.
  4. Kacang panjang
    Kacang panjang mengandung 600 mg potasium untuk setiap setengah mangkuknya. Namun kacang-kacangan lain seperti lentil dan kapri juga bisa dijadikan sumber potasium yang baik.
  5. Kerang
    85 gram kerang mengandung 534 mg potasium dan konsentrasi vitamin B12 tertinggi.
  6. Pisang
    Pisang memang dikenal sebagai sumber potasium yang tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 400 mg mineral tersebut.
  7. Susu
    Susu juga merupakan sumber potasium yang baik. Dalam satu mangkuknya, susu mengandung 382 potasium.
  8. Yogurt
    Sekitar 227 gram yogurt mengandung 579 mg potasium.

Gejala Tubuh Yang Kekurangan Potasium

Orang-orang jaman sekarang mungkin menunjukkan tanda tubuh kekurangan potassium. Segera ambil makanan yang mengandung potasium tinggi seperti makanan-makanan diatas jika kamu mengalami

  1. Mudah lelah padahal merasa sudah cukup tidur
  2. Otot lemah dan sering kram
  3. Pusing dan lemah
  4. Hipertensi atau jantung berdebar

Potassium mampu menyeimbangkan tubuh dengan mengurangi efek negatif dari konsumsi sodium berlebihan, karena fungsi utama mineral ini adalah membantu mengeluarkan kelebihan sodium lewat urin dan keringat. Itulah kenapa sangat baik untuk konsumsi makanan-makanan diatas seperti yogurt jika kamu merasa membutuhkan detoksifikasi dari makanan yang tinggi garam ataupun tinggi gula.

 

Sumber

Related Posts