Artikel

Kapan Sebaiknya Konsumsi Yogurt?

Yogurt dan minuman susu fermentasi dikenal memiliki berbagai manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Kandungan bakteri baik di dalam yogurt tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga mencegah penyakit jantung hingga berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.  

Yogurt menunjukkan manfaat kesehatan lainnya termasuk untuk penderita intoleransi laktosa, konstipasi, diare, penyakit radang usus, hingga alergi.  Yogurt dan produk olahan susu lainnya juga dapat membantu mengontrol berat badan karena yogurt meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan rasa kenyang. Yogurt, terutama yang jenis penuh lemak mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA), dapat mengurangi risiko kanker payudara. Beberapa jenis yogurt seperti greek yogurt juga merupakan sumber probiotik yang baik seperti Bifidobacteria, yang membantu usus kamu tetap sehat.

Konsumsi yogurt yang dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya seperti buah dan sayur terbukti meningkatkan respon imun pada sistem pencernaan, sehingga menurunkan resiko terserang penyakit saluran pencernaan seperti kanker kolon, diare, penyakit radang usus dan infeksi bakteri lain yang pertumbuhannya dapat dihambat dengan mengonsumsi yoghurt.

Yogurt pun bisa menjadi bagian dari diet sehatmu, tetapi, seperti makanan lainnya, yogurt juga harus dimakan dalam jumlah sedang. Diet seimbang dengan konsumsi makanan sehat yang bervariasi diperlukan untuk kesehatan yang baik. Lalu, sebenarnya berapa banyak yogurt yang bisa kita konsumsi per hari? ChooseMyPlate.gov dari USDA merekomendasikan sebanyak 3 cangkir susu dan olahannya (seperti yogurt) per hari bagi siapa pun yang berusia di atas 9 tahun,

 

Waktu Terbaik Konsumsi Yogurt

Ternyata untuk konsumsi yogurt ada waktu-waktu terbaik. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari yogurt, yogurt bisa dinikmati di empat waktu berikut:

  1. Sarapan

Mengonsumsi yogurt sebagai menu sarapan sangat baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan nutrisinya cukup mengenyangkan dan memberi energi pada tubuh di pagi hari. Ditambah lagi, kesehatan pencernaan pun akan terjaga.

  1. Camilan

Memilih yogurt sebagai camilan, tak hanya aman untuk berat badan, tapi juga baik untuk menjaga suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa yogurt punya efek yang sama seperti cokelat, bisa membuat hati bahagia setelah mengonsumsinya.

  1. Setelah makan

Daripada memilih makanan penutup yang tinggi gula, lebih baik selalu sediakan yogurt sebagai dessert. Pasalnya, yogurt dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol dalam darah.

  1. Saat bepergian

Ketika bepergian dan mengunjungi tempat baru, kita akan rentan terserang diare, kram perut, dan mual. Biasanya ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari makanan. Yogurt bisa membantu mengatasi hal ini.

 

Diantara keempat waktu di atas, ternyata konsumsi yogurt sebagai sarapan atau saat perut kosong dan belum kemasukan makanan adalah yang terbaik. Ini dikarenakan bakteri baik atau probiotik di dalam yogurt harus sampai di usus besar dalam keadaan hidup agar efektif menjaga pencernaan dan kesehatan. Jika yogurt disantap setelah makan, bakteri baik atau probiotik ini akan mati. Bakteri ini akan mati karena terkena asam lambung yang keluar akibat proses pencernaan makanan. Jadi ketika yogurt masuk, asam lambung akan mematikan bakteri baik dari yogurt.

Sebenarnya dalam kondisi perut kosong, lambung juga akan menghasilkan asam lambung. Akan tetapi jumlahnya tak sebanyak saat makanan sudah masuk ke lambung. Jumlah asam lambung yang tak terlalu banyak ini saat perut kosong ini diklaim masih aman untuk efektivitas dan aktivitas bakteri yogurt menjaga kesehatan pencernaan.

Namun konsumsi yogurt saat perut kosong kurang disarankan untuk kamu yang memiliki masalah dengan lambung. Bagi penderita gastritis kronis misalnya, waktu yang disarankan untuk konsumsi yogurt adalah setelah makan, dan beri jeda setidaknya satu jam sebelum konsumsi yogurt.

 

Memilih Yogurt Terbaik

Meskipun terkesan sama, namun beberapa produk yogurt di pasaran selalu ada yang lebih unggul dalam hal nutrisi daripada yang lain. Untuk memastikan yogurt yang kamu konsumsi mengandung probiotik, cari kalimat yang menyebutkan “mengandung probiotik hidup” pada label kemasan produk. Kamu bisa konsumsi Yoyic yogurt drink yang mengandung probiotik L. casei-01 yang meningkatkan pergerakan usus dan pencernaan, meringankan sembelit serta untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sistem pencernan.

Produk YoyiC pun dikemas praktis untuk sekali minum, dilengkapi dengan sedotan agar kamu bisa menikmati kelezatan dan kesegaran YoyiC Yogurt dengan lebih mudah. Kesegaran YoyiC Yogurt Drink dapat dinikmati kapan dan di mana saja.

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2016/05/29/165100923/4.Waktu.Terbaik.Mengonsumsi.Yogurt.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180412201953-255-290445/alasan-yogurt-sebaiknya-disantap-saat-perut-kosong

https://www.healthline.com/nutrition/12-best-foods-to-eat-in-morning#section2

https://www.livestrong.com/article/186699-how-much-yogurt-can-you-eat-in-a-day/


Related Posts