Artikel

Mengapa Yogurt Harus Disimpan Dalam Suhu Dingin?

Yogurt banyak disukai oleh semua kalangan baik anak-anak ataupun orang dewasa. Saat kamu membeli yogurt pastikan kamu membeli yogurt yang disimpan di lemari es dan dalam kondisi dingin. Yogurt yang tidak dingin atau tidak ditaruh di dalam lemari pendingin sebaiknya tidak usah dibeli, karena sudah tidak ada manfaatnya. Mengapa bisa begitu? Baca artikel ini sampai habis ya.

Yogurt biasanya mengandung bakteri baik yang disebut dengan probiotik, dan probiotik ini bisa bertahan hidup pada suhu atau temperatur tertentu. Probiotik sendiri adalah mikroorganisme hidup yang diminum untuk menjaga keseimbangan sistem pencernaan di dalam usus. Minuman yang mengandung probiotik ini harus disimpan pada kondisi penyimpanan, suhu dan tingkat keasaman tertentu agar mikroorganismenya tidak mati.

Umumnya probiotik yang terkandung di dalam yogurt sudah mengalami fermentasi. Dan probiotik ini bekerja mengusir mikroorganisme jahat dari usus. Manfaat dari minuman probiotik ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian ilmiah, dan minuman ini harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup agar bisa memberikan manfaat seperti yang diharapkan.

Kalau yogurt yang kamu konsumsi sudah tidak dingin maka probiotik yang terkandung di dalamnya tidak bisa bertahan hidup dan mati, sehingga tidak ada manfaatnya. Jika kamu tetap konsumsi yogurt yang sudah tidak dingin, hanya rasa asam saja yang kamu dapatkan.

 

Bagaimana Cara Menyimpan Yogurt Yang Baik?

Yogurt merupakan produk olahan susu yang diproses sedemikian rupa dengan proses pasteurisasi, penambahan bakteri, sampai dikemas dalam kondisi steril untuk dikonsumsi. Sehingga disarankan disimpan dalam kulkas dengan suhu 4°c. Kalau kamu menyimpan yogurt baik yang sudah terbuka, maka yogurt ini dapat bertahan maksimal sekitar 2 jam, sehingga sebaiknya kamu segera mengkonsumsinya sesaat setelah dibuka.

Resiko penyimpanan yogurt yang salah, akan beresiko menyebabkan penyakit pencernaan karena pertumbuhan bakteri yang semakin banyak dari makanan yang tidak disimpan dalam kondisi yang seharusnya. Pada dasarnya, kamu dapat membaca petunjuk keamanan yang ada di setiap produk. Petunjuk ini tersedia dan tercantum dalam kemasan produk, baik cara penyimpanan, komposisi, kadaluarsa, ataupun kandungan nutrisinya.

Segera Konsumsi Yogurt Sesaat Setelah Dibuka

Ada beberapa aturan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga yogurt tetap dalam kondisi yang baik diantaranya:

  1. Simpan dalam lemari es setelah kamu membeli yogurt, dan jangan meninggalkan yogurt pada suhu kamar selama lebih dari satu atau dua jam. Jika tidak didinginkan lebih lama, bakteri dapat mulai tumbuh.
  2. Yogurt harus disimpan dalam lemari es dengan suhu 4°C atau dibawahnya. Bila disimpan dengan benar, masa simpan yogurt adalah sesuai yang tertera pada kemasan.
  3. Jika dibiarkan keluar dari kulkas selama dua jam atau kurang, yogurt dapat dengan aman dimasukkan kembali ke dalam kulkas untuk dimakan di lain waktu. Namun, ini akan mempersingkat masa simpan keseluruhannya.
  4. Bakteri dalam yogurt yang tidak disimpan di suhu ruang dapat tumbuh lebih mudah dalam yogurt dengan tambahan gula dan buah.

 

YoyiC, Yogurt Yang Dikemas Praktis Untuk Memenuhi Kebutuhan Harian

YoyiC paham jika kamu memiliki segudang aktivitas yang padat, sehingga kami memutuskan untuk membuat produk-produk YoyiC ini menjadi lebih mudah untuk disimpan dan dikonsumsi dalam jumlah secukupnya. Produk YoyiC didesain untuk sekali konsumsi. Jika penyimpanan yogurt benar, maka kamu akan mendapat manfaat yang optimal bukan?

Kamu pun bisa membeli YoyiC di supermarket favorit kamu, menyimpannya di dalam lemari es, hingga membawanya di dalam tas saat akan bepergian. Namun ingat ya, jka sudah keluar dari lemari es, batas maksimal untuk dikonsumsi adalah 2 jam. Lebih cepat maka lebih baik.

 

Sumber:

https://dairygood.org/content/2017/how-long-can-yogurt-sit-out

https://www.leaf.tv/articles/food-storage-facts-on-yogurt/

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/penyimpanan-yoghurt

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1630520/yoghurt-yang-tidak-dingin-manfaatnya-hilang


Related Posts