Artikel

Sedang Diet? Pertimbangkan Menu-Menu Ini Dalam Dietmu

Apakah kamu sedang diet? Diet tidak melulu berhubungan dengan penurunan berat badan lho. Memang diet di Indonesia lebih dikenal sebagai usaha untuk menurunkan berat badan seseorang. Namun arti diet sendiri lebih luas, ada yang berpendapat bahwa diet adalah mengatur asupan nutrisi tertentu lewat perubahan pola makan yang dikonsumsi.

Secara umum, diet memiliki 3 jenis yang dibedakan berdasarkan alasan melakukannya:

  1. Diet yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ini yang paling sering dijadikan alasan banyak orang untuk melakukan diet.
  2. Diet yang sebaliknya dilakukan untuk meningkatkan berat badan. Bagi olahragawan yang membutuhkan fisik yang kuat justru menjadikan diet sebagai usaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal.
  3. Diet karena ada pantangan terhadap makanan tertentu. Dilakukan oleh orang-orang yang memiliki penyakit tertentu.

Tidak hanya berujung untuk mendapatkan tubuh yang ideal, namun manfaat diet secara luas memang dibutuhkan pada tubuh baik untuk kesehatan fisik dan mental. Apa saja manfaat diet? Berikut penjelasannya:

  1. Mengontrol berat badan
    Manfaat utama dari diet memang untuk mengontrol berat badan kita. Diet untuk tujuan mengontrol berat badan bukan mengurangi karbohidrat seperti pada nasi  dan lemak pada makanan, melainkan menyeimbangkan dengan kebutuhan tubuh lainnya.
  2. Menjaga kondisi lambung
    Diet biasanya menganjurkan kita untuk makan sebanyak 5-6 kali sehari dengan jumlah yang sedikit dengan asupan yang lebih sehat. Dengan pola makan tersebut, perut akan terasa tetap kenyang dan mencegah terjadinya asam lambung. Dengan begitu kondisi lambung akan terjaga fungsinya dengan baik.
  3. Lebih berumur panjang
    Pada umumnya saat diet, kita akan berusaha mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak konsumsi manfaat buah buahan dan sayur. Hal ini tentunya lebih menyehatkan dan membuat kita berumur lebih panjang.
  4. Tampil lebih muda
    Dengan mengatur pola makan yang sehat akan membuat tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Nutrisi yang sehat tersebut dibutuhkan oleh kulit dan rambut kita, dan tentunya akan menjadikannya lebih sehat. Oleh karena itu diet cukup membantu kesehatan kulit dan rambut kita untuk tampil lebih muda.

 


Beberapa Metode Diet Yang Popular Di Tahun 2019

Di tahun 2019 ini, ada beberapa metode diet yang diprediksi akan menjadi tren. Insider melakukan penelitian terhadap 1.037 orang dalam rentang usia millennials mengenai resolusi diet mereka dan tren apa yang akan dicoba. Hasilnya, berikut 3 metode diet ini paling banyak disebut.

  1. Diet kalori
    Dilansir dari Business Insider, disebutkan bahwa orang yang mengurangi sepertiga sampai setengah porsi makanan seperti yang dianjurkan pada diet kalori, akan memiliki lebih banyak energi dan lebih sedikit terserang penyakit.
  2. Diet KetoAlih-alih memakan banyak karbohidrat, menu keto diet lebih banyak lemak dan sedikit protein, juga mengurangi asupan gula. Secara tidak langsung diet keto memaksa pelaku diet untuk membatasi buah dan sayuran. Dalam jangka panjang, diet keto punya konsekuensi negatif. Namun, diet ini memang efektif menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula dalam darah.
  3. Atkins diet
    Mirip dengan diet keto, namun atkins diet memperbolehkan para pelaku diet untuk mengonsumsi karbo lebih banyak yakni 80-100 gram per hari, sementara diet keto hanya memperbolehkan konsumsi 20-25 gram per hari. Dalam jangka panjang, atkins diet tidak memiliki resiko sebesar diet keto.

Makanan Yang Baik Untuk Menjadi Menu Diet

Jika kamu sedang diet, kamu bisa memasukkan menu seperti alpukat, salmon, tuna, kentang rebus, aneka sayuran, kacang-kacangan, telur, buah dan yogurt. Mengapa yogurt? Kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt membantu melepaskan dan meningkatkan GLP-1 (hormon penurun nafsu makan), sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Peningkatan kadar hormon ini dapat membantu tubuh membakar kalori dan lemak. Probiotik juga dapat meningkatkan kadar protein ANGPTL4, (yang berfungsi untuk menurunkan timbunan lemak).

Selain berguna untuk kesehatan tulang, kandungan kalsium pada yoghurt juga memengaruhi nafsu makan, kadar gula darah, serta perubahan pola hidup bakteri baik di usus. Beberapa penelitian juga mengungkapkan, mengonsumsi yoghurt dipercaya dapat mencegah obesitas, menurunkan berat badan, menghilangkan lemak tubuh, dan mengecilkan lingkar pinggang.

Kamu pun bisa konsumsi YoyiC yogurt drink sebagai menu diet kamu. YoyiC yogurt drink bisa diolah menjadi menu diet dengan dicampur buah dan bahan lain yang sehat.  

 

Sumber:

https://manfaat.co.id/16-manfaat-diet-bagi-kesehatan-fisik-dan-mental

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3870568/4-jenis-diet-yang-diprediksi-akan-populer-sepanjang-2019

https://www.alodokter.com/memanfaatkan-yoghurt-untuk-diet

https://uprint.id/blog/makanan-untuk-diet/


Related Posts