Artikel

Apa Beda Probiotik Dan Prebiotik?

Banyak dari kita mendengar istilah prebiotik dan probiotik, sayangnya banyak juga yang menyamakan keduanya. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Yang sama hanya, prebiotik dan probiotik bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kesehatan kita. Riset membuktikan, bahwa prebiotik dan probiotik tidak cuma bagus untuk pencernaan. Kamu akan merasa lebih bugar, tahan penyakit dan jantung bertambah sehat, dengan mengonsumsi keduanya.

Bagi yang punya masalah pencernaan atau sistem daya tahan tubuh yang lemah, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter nutrisi untuk mendapat takaran berapa banyak prebiotik dan probiotik yang harus kamu konsumsi dan untuk berapa lama, tujuannya untuk membantu kamu mencapai kesehatan yang optimal.

Lalu sebenarnya apa sih prebiotik dan probiotik itu sendiri? Baca artikel ini untuk menemukan perbedaan keduanya.

Apa Itu Prebiotik?

Prebiotik adalah senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus (seperti gula kompleks dan serat). Prebiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan berpotensi meningkatkan penyerapan kalsium. Prebiotik juga membantu pertumbuhan bakteri baik yang ada pada usus, sehingga meningkatkan jumlah bakteri baik dan juga menekan pertumbuhan tekanan yang tidak sehat. Prebiotik juga dapat menurunkan peradangan pada usus dan menstimulasi penyerapan kalsium.

Para peneliti telah menemukan bahwa prebiotik sangat membantu dalam meningkatkan bakteri dalam usus sehingga mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Serat prebiotik tidak serapuh bakteri probiotik karena tidak terpengaruh oleh panas, asam lambung, atau waktu. Literatur ilmiah menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat prebiotik mendukung kekebalan, kesehatan pencernaan, kepadatan tulang, keteraturan, manajemen berat badan, dan kesehatan otak.

Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber prebiotik ini bisa kamu temui sehari-hari seperti:

 

  1. Pisang
  2. Bawang merah
  3. Bawang putih
  4. Daun bawang
  5. Asparagus
  6. Artichoke
  7. Kedelai dan gandum
  8. Buah-buahan
  9. Kacang polong-polongan
  10. Bawang prei.

 

Apa Itu Probiotik?

Jika prebiotik adalah komponen makanan yang tidak dicerna (seperti gula kompleks dan serat) maka probiotik adalah bakteri hidup. Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam usus. Kultur baik ini membantu menyeimbangkan flora di usus. Fungsinya untuk kesehatan secara keseluruhan, kebaikan pencernaan dan meningkatkan sistem imun. Probiotik digunakan untuk membantu mengatasi sindrom iritasi usus besar. Beberapa strain probiotik dapat membantu mencegah gejala alergi tertentu, mengurangi gejala intoleransi laktosa dan banyak lagi.

Probiotik dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • Lactobacillus. Merupakan probiotik yang paling umum. Biasanya terdapat di yogurt dan produk-produk makanan yang difermentasikan. Bakteri ini dapat membantu dalam mengatasi diare dan gangguan penyerapan laktosa.
  • Saccharomyces boulardii. Tergolong sebagai jamur pada probiotik. Dapat digunakan untuk menangani diare dan gangguan pencernaan.
  • Bifidobacterium. Bakteri ini bisa ditemukan pada produk-produk susu olahan, yang berguna untuk meredakan gangguan pencernaan jangka panjang, seperti irritable bowel syndrome.

Para peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana sebenarnya bakteri ini bekerja. Berikut beberapa cara yang membuat probiotik berguna bagi kesehatanmu:

  1. Ketika kamu mengonsumsi antibiotik, maka bukan bakteri yang buruk saja yang terbunuh, tetapi seluruh bakteri baik yang baik maupun buruk akan ikut terbunuh. Dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik, tubuh kamu akan dapat mengembalikan bakeri-bakteri baik yang terbunuh.
  2. Probiotik dapat membantu tubuhmu menyeimbangkan antara bakteri yang baik dan buruk dalam tubuhmu, sehingga tubuh kamu dapat bekerja seperti sebagaimana mestinya.

 

Makanan yang merupakan sumber probiotik yang baik antara lain:

  1. Yogurt
  2. Kefir
  3. Kimchi
  4. Miso
  5. Tempe
  6. Susu kedelai
  7. Sauerkraut (hasil fermentasi dari kol atau bisa juga dengan sayur lain)
  8. Acar
  9. Kombucha

 

YoyiC Dan Manfaat Probiotik Di Dalamnya

YoyiC adalah salah satu minuman yogurt yang kaya akan kandungan probiotik di dalamnya. YoyiC Yogurt sendiri menggunakan probiotik jenis Lactobacillus Casei atau L. casei. Probiotik L. casei membantu mengendalikan beberapa mikroorganisme yang lebih berbahaya. Kalau kamu tidak memiliki cukup bakteri yang baik, berbagai hal dapat menjadi tidak seimbang dan menyebabkan masalah pada pencernaan. Kamu bisa memilih YoyiC sebagai salah satu alternatif minuman sehat. YoyiC dapat memenuhi kebutuhanmu atas minuman yang sehat sekaligus lezat untuk dikonsumsi.

 

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2016/01/29/090300623/Prebiotik.dan.Probiotik.Ini.Beda.Manfaatnya

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/probiotik-dan-prebiotik-apa-bedanya/

https://www.prebiotin.com/prebiotin-academy/what-are-prebiotics/prebiotics-vs-probiotics/

https://www.healthline.com/health/prebiotics-vs-probiotics

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/7-makanan-sumber-probiotik-bakteri-baik/


Related Posts