Artikel

Minum Satu Botol YoyiC Saat Sahur Dan Berbuka Untuk Pencernaanmu

Tahukah kamu? Saat berpuasa, beban kerja dari sistem pencernaan akan berkurang dari biasanya. Selama 8 jam setelah sahur, sistem pencernaan akan mengubah makanan yang kamu makan saat sahur menjadi glukosa untuk energi tubuh. Setelah itu, tubuh akan masuk ke dalam mode puasa, dimana usus telah selesai menyerap nutrisi dari makanan terakhir tersebut. Pada mode puasa ini, kadar gula darah kamu akan mulai menurun.

Dalam keadaan normal, glukosa tubuh yang tersimpan di hati dan otot-otot (glycogen) akan menggantikan peran glukosa yang datang dari makanan. Glycogen inilah yang kemudian digunakan tubuh untuk memberikan energi pada otak dan bagian tubuh lainnya. Sementara itu, pada saat 8 jam setelah sahur, karena pencernaan tidak perlu mencerna apapun, maka sistem pencernaan akan beristirahat dan melambatkan kinerjanya.

Di sore hari, saat glycogen sudah habis digunakan oleh tubuh, maka tubuh akan mencari sumber energi lain, yang datang dari lemak tubuh. Penggunaan lemak sebagai sumber energi tubuh inilah yang akan mengurangi kadar lemak jahat dan kolesterol yang ada di tubuh, sekaligus menurunkan berat badan.

Puasa juga memberikan efek positif bagi kondisi sistem pencernaan. Puasa memberi waktu pada sistem pencernaan untuk beristirahat, sehingga dapat mengurangi risiko atau menyembuhkan masalah kesehatan pada pencernaan

Buka dan Sahur Dengan Yogurt Untuk Optimalkan Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa

Saat sahur atau berbuka, kamu membutuhkan makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh. Salah satu menu sehat yang menyimpan banyak manfaat adalah yogurt. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya, apakah yoghurt aman dikonsumsi saat sahur dan buka puasa? Jawabannya tentu aman. Yuk, simak penjelasannya di sini.

Tak masalah jika kamu ingin mengonsumsi yogurt di saat sahur dan buka puasa selama bulan Ramadan. Menurut British Nutrition Foundation, yogurt bisa menjadi makanan yang baik karena kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, yodium dan vitamin B di dalamnya.

Canadian Research and Development Center for Probiotics juga menyatakan bahwa yogurt mengandung kalsium dan rendah lemak. Yogurt juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit kepala hingga peradangan bagi kamu yang mengonsumsinya secara rutin. Makan yogurt secara teratur akan merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik di dalam usus.

Tak hanya itu, probiotik juga bermanfaat untuk membantu mencegah serta mengobati beberapa penyakit seperti mengurangi risiko infeksi saluran kencing. Juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Puasa Sehat Berkat Probiotik Pada Yogurt

Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal terdapat dalam sistem saluran pencernaan manusia. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa probiotik akan membentuk koloni sementara, yang dapat membantu aktivitas tubuh dengan fungsi yang sama dengan mikroflora alami dalam saluran pencernaan.

Dengan kamu mengonsumsi bakteri baik tersebut, sistem pertahanan tubuh akan lebih baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit, khususnya yang menyerang saluran pencernaan.

Tips Konsumsi Yogurt Selama Berpuasa

Yogurt aman dikonsumsi untuk menu sahur dan berbuka asalkan kamu tidak memiliki masalah akut pada pencernaan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat ingin memasukkan yogurt ke dalam menu sahur atau buka puasa:

  1. Awali Dengan Minum Air Putih Dulu 

    Sebelum minum yogurt sebagai menu buka puasa atau sahur, kamu perlu minum segelas air putih terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menetralkan asam lambung pada pencernaan kamu. Air putih juga mampu menghilangkan racun keluar dari tubuh melalui keringat atau urin, terlebih jika kamu meminumnya ketika buka puasa dan sebelum makan. Tubuh pun akan terasa sehat dan memiliki peredaran darah yang lancar.

  2. Pilih Yang Rendah Lemak 

    Seperti pada penjelasan diatas, puasa juga turut memecah lemak tubuh sehingga akan baik untuk kamu yang sedang program diet dan ingin menurunkan berat badan. Kamu bisa pilih yogurt yang rendah lemak untuk menu sahur atau berbuka agar manfaat penurunan berat badan semakin terasa.

  3. Tambahkan Potongan Buah Segar 

    Kamu dapat menambahkan buah-buahan segar atau kacang-kacangan ke dalam yogurt. Menu ini sangat pas untuk membuat tubuh lebih bertenaga. Kamu bisa konsumsi YoyiC Yogurt Drink varian rasa Strawberry atau Mangga. Pada kedua produk tersebut, kamu akan merasakan nikmatnya buah asli bercampur dengan segarnya yogurt. Kamu bisa minum YoyiC Yogurt Drink 1 botol saat sahur dan 1 botol lagi saat berbuka. YoyiC membuat buka puasa dan sahur jadi makin menyenangkan.

    Sumber:

    https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3531517/bolehkah-makan-yoghurt-saat-sahur-atau-buka-puasa

    https://www.suara.com/health/2018/05/21/041500/ini-yang-terjadi-pada-pencernaan-saat-anda-puasa?page=1

    https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/yang-terjadi-dalam-tubuh-saat-kita-sedang-puasa/


Related Posts