Artikel

Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa Dengan Yogurt

Saat berpuasa, tak sedikit dari kita yang mengeluh soal bau mulut yang muncul. Tahukah kamu apa menjadi penyebab bau mulut pada saat menjalankan ibadah puasa? Alasan utama hal ini terjadi lantaran saat berpuasa produksi air liur dalam mulut menjadi berkurang akibat tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh selama puasa.

Padahal, air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk melalui mulut. Akibat kondisi ini, maka rongga mulut menjadi kering dan menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya koloni bakteri dalam lidah, gigi dan mulut, yang menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

Selain akibat kurangnya produksi air liur karena kekurangan cairan, bau mulut saat berpuasa bisa muncul karena masalah kesehatan pencernaan. Bau mulut bisa disebabkan oleh pencernaan yang buruk. Makanan yang kamu makan tidak dapat dicerna dengan baik yang menghasilkan acid reflux, yeast overgrowth atau fermentasi, yang disebut juga dengan bau napas tak sedap.

Cairan pencernaan juga akan tetap keluar meski tidak ada asupan makanan selama puasa. Nah, kondisi ini yang memengaruhi lapisan perut sehingga mengakibatkan timbulnya bau busuk seperti bau makanan basi. Selain itu, proses metabolisme menggunakan cadangan lemak dalam tubuh melepaskan bahan kimia berupa keton yang keluar bersamaan dengan keluarnya napas. Hal ini yang menambah aroma mulut jadi tidak segar.

Solusi Atasi Bau Mulut Secara Alami

Bagi kamu yang mengalami permasalahan bau mulut, dan belum menemukan solusi untuk menghilangkanya, berikut beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut.

  1. Minum banyak air putih

    Cara yang paling sederhana dan menyehatkan adalah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Terutama ketika bangun tidur sebelum sahur. Saat bangun tidur kita akan merasakan aroma tidak sedap dari dalam mulut, hal ini dikarenakan, produksi air liur yang berkurang saat kita tidur, sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri.

    Dengan mengkonsumsi air putih saat bangun tidur, akan sangat ampuh menghilangkan bau mulut. Karena bakteri yang menyebabkan napas berbau tidak sedap memiliki sifat anaerobik, artinya bakteri tersebut akan tumbuh subur dalam suasana yang kering.

  2. Mengunyah permen karet rasa mint.

    Setelah berbuka, kamu bisa mengunyah permen karet rasa mint. Permen karet rasa mint bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan bau mulut. Mengapa harus rasa mint? Sebab bakteri di dalam mulut bisa memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet tersebut, sehingga kemudian menghasilkan asam dalam mulut dan napasmu akan kembali segar.

  3. Minum perasan jahe.

    Jahe memang dikenal baik untuk kesehatan, selain memberikan rasa lega di tenggorokan, jahe juga bisa mengatasi bau mulut. Kamu cukup mencampurkan parutan jahe dan air agar mendapatkan perasaan jus jahe, kemudian perasan jahe tersebut kamu campurkan ke air hangat. Lalu berkumurlah dengan air jahe tersebut. Lakukan secara rutin jika ingin napasmu selalu segar.

  4. Berkumur dengan cuka apel dan air.

    Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah berkumur dengan cuka apel dan air. Siapkan satu sendok cuka apel dan segelas air. Kemudian campurkan jadi satu lalu berkumurlah selama 3-4 menit pada pagi hari setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari.

  5. Makan buah.

    Buah dikenal sangat baik untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh. Ternyata selain itu buah juga memiliki khasiat tinggi untuk mengatasi bau mulut. Kamu bisa mengkonsumsi buah apel yang memiliki kandungan polifenol yang ampuh untuk membasmi bakteri sekaligus menghilangkan senyawa yang menyebabkan bau mulut. Buah lainnya juga bisa menjadi solusi menghilangkan aroma tak sedap di mulut, misalnya saja buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon dan sebagainya.

  6. Makan yogurt.

    Yogurt merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk pencernaan. Nah buat kamu yang mengalami bau mulut atau nafas tak segar, ahli nutrisi mengatakan jika yogurt bisa menjadi solusi untuk masalahmu. Kamu bisa konsumsi YoyiC Fermented Milk Drink atau Yoyic Yogurt saat sahur dan berbuka.

    Di dalam produk YoyiC terdapat probiotik baik yang menurut para ahli tak hanya bekerja untuk menjaga kesehatan pencernaanmu, tapi juga ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri. Dengan demikian kamu akan terbebas dari bau mulut dan bisa bebas beraktivitas dengan penuh percaya diri selama bulan Ramadan.

    Sumber:
    https://www.halodoc.com/alasan-sering-bau-mulut-ketika-puasa

    https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150703105301-255-64081/penyebab-bau-mulut-saat-puasa-dan-cara-mudah-mengatasinya

    https://www.brilio.net/kesehatan/7-cara-menghilngkan-bau-mulut-secara-alami-mudan-dan-ampuh-1902078.html


Related Posts