Artikel

Tips Jaga Kesehatan Pencernaan Saat Mudik

Tak terasa setelah hampir sebulan berpuasa, musim mudik dan hari raya Lebaran pun segera tiba. Pada bulan puasa, kita terbiasa menjaga pola makan serta tidak makan dan minum dalam waktu yang panjang. Sementara saat perjalanan mudik, kita cenderung makan “sesukanya” seperti makanan pedas, atau makanan yang kurang bersih.

Saat mudik, para pengendara motor biasanya hanya makan makanan di tempat istirahat ataupun di warung-warung di pinggir jalan yang belum tentu terjamin kesehatan dan keamanannya. Selain itu, perjalanan panjang selama mudik ditambah faktor cuaca juga memengaruhi daya tahan tubuh pemudik.

Akhirnya makanan yang kurang sehat pun masuk ke dalam tubuh dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang cukup merepotkan. Kamu akan mudah terkena diare selama perjalanan dan karenanya kamu tidak bisa melanjutkan perjalanan sebelum diarenya berhenti.

Tentu akan sangat mengganggu jika harus mengalami sakit perut dan diare di perjalanan mudik. Karenanya perhatikan beberapa hal ini agar tidak mengalami diare.

  1. Kebersihan tangan

    Sebelum makan, pastikan bersihkan tangan. Jika ada air, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu. Sebagai alternatif, bawa cairan sabun antiseptic atau tisu basah disinfektan. Supaya kuman tak terlihat yang bisa memicu diare tidak masuk ke tubuh.

  2. Makan makanan matang

    Bila mampir ke rumah makan, carilah makanan yang dimasak langsung sesuai pesanan. Sehingga masih segar dan panas saat kamu konsumsi. Jika makanan sudah didiamkan lama atau dimasak kurang matang, bisa saja bakteri mulai muncul di sana. Akibat paling buruknya yaitu memicu keracunan makanan.

  3. Perhatikan kebersihan tempat dan makanan

    Perhatikan kebersihan rumah makan dan makanan yang disajikan. Bila makanan sudah dihinggapi lalat, jangan dikonsumsi. Kontaminasi dapat terjadi meski pada makanan yang baru dimasak.

  4. Hindari makanan pedas 

    Selama perjalanan, sebaiknya tidak mengonsumsi dulu makanan pedas dan terlalu berempah. Baik pada pilihan makanan di jalan atau bekal yang dibawa. Terutama bagi yang perutnya sensitif terhadap pedas. Konsumsi makanan pedas bisa membuat perut panas dan memicu diare.

  5. Membawa bekal sendiri

    Usahakan untuk membawa perbekalan dari rumah. Kamu cukup membawa air mineral, beberapa butir kurma, dan biskuit atau kue kering untuk teman selama perjalanan. Kalau tubuh lapar, kamu bisa makan itu sementara sebelum makan besar di tempat yang lebih baik.

  6. Makanan tidak basi

    Bila membawa bekal sendiri, pastikan masih layak konsumsi. Jangan sampai makanan yang kamu bawa ternyata sudah basi saat dimakan. Makanan yang basi bisa membuatmu diare.

  7. Bawa buah-buahan sendiri

    Selama perjalanan jauh, kamu tetap perlu mengonsumsi buah-buahan untuk asupan nutrisi. Sebaiknya bawa buah sendiri yang sudah dicuci bersih atau bawa buah yang mudah dimakan seperti pisang. Membeli buah potong yang dijual belum tentu terjamin kebersihannya.

  8. Mampir ke supermarket terdekat untuk membeli YoyiC

    Ada juga cara praktis yang dapat membuat kamu jauh-jauh dari masalah pencernaan, yaitu dengan berhenti di supermarket terdekat untuk membeli YoyiC. Mengapa YoyiC? Ini karena YoyiC mengandung lactobacillus hidup. Lactobacillus hidup ini merupakan bakteri baik yang bisa membantu mencegah penyakit.

    Salah satu kegunaan lactobacillus hidup yang paling populer adalah membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas. Secara natural, bakteri baik memang ada secara natural di dalam tubuh kita. Akan tetapi kamu juga bisa mendapatkan bakteri baik dari suplemen, makanan, atau minuman seperti pada produk YoyiC Yogurt Drink.

    Segera Konsumsi YoyiC Untuk Manfaat Maksimal

    Kamu bisa konsumsi YoyiC Yogurt Drink langsung di tempat selagi masih dalam kondisi dingin, bakteri baik jenis Lactobacillus Paracasei pada YoyiC tidak tahan panas dan hanya aktif di suhu antara 2-6 ° C, jadi minumlah YoyiC mu sesegera mungkin setelah dibuka.

    Jika kamu ingin membawa YoyiC selama perjalanan mudik, kamu bisa membawa cooler box sendiri yang sudah ditambahkan beberapa ice pack guna menjaga suhu pada produk tetap stabil. Hanya dengan cara ini kamu mendapatkan manfaat maksimal dari Lactobacillus Paracasei.

    Sumber:

    https://food.detik.com/info-sehat/d-3247714/perhatikan-7-hal-ini-saat-perjalanan-mudik-agar-tak-alami-diare-karena-makanan

    https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/06/20/waspada-diare-saat-lebaran-403645

    https://doktersehat.com/gaanguan-kesehatan-saat-mudik/

    http://endlessfacts.com/post/795454065/10-Fun-Facts-About-Yogurt.html

     

     

 


Related Posts