Artikel

Do’s And Don’ts Saat Menangani Diare

Saat musim pancaroba dari kemarau ke hujan atau sebaliknya, kita perlu mewaspadai beberapa penyakit seperti diare. Pasalnya penyakit diare ini selalu meningkat saat musim pancaroba. Penyebab utamanya adalah virus. Virus lebih mudah berkembang di udara lembap, terutama saat peralihan cuaca ekstrim seperti pancaroba.

Selain karena virus, diare ini juga biasanya terjadi akibat dari pola makan kita yang salah, dari apa yang kita makan, atau dari kurangnya kebersihan makanan yang kita makan. Dari penyebab tersebut, terjadilah infeksi yang menyebabkan diare.

Seseorang dikatakan terkena diare apabila dalam satu waktu kamu sudah buang air yang sangat encer sebanyak 3 kali. Diare sendiri disebabkan karena ada sesuatu masuk ke dalam usus yang seharusnya tidak ada dalam tubuh. Oleh tubuh, dibuang secara terus-menerus melalui diare karena dianggap suatu kelainan atau suatu penyakit. Hanya saja, pada saat dibuang, tubuh kita tidak bisa membedakan mana yang dibutuhkan oleh tubuh dan mana yang penyakit, jadi semuanya dibuang oleh tubuh kita.

Saat terkena diare, cairan dalam tubuh pun pasti berkurang, sehingga saat kamu terserang diare harus dilakukan penanganan yang cepat dan tepat agar tidak berbahaya. Untuk mengembalikan cairan dan tenaga di dalam tubuhmu, kamu harus segera mengonsumsi cairan dan sumber energi. Namun, kamu tidak boleh sembarangan makan, karena terdapat makanan yang perlu dihindari saat diare. 

 

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Diare

  1. Makanan berminyak dan berlemak
    Saat terserang diare, kamu harus menghindari makanan jenis ini sebab saat konsumsi makanan berminyak dan berlemak, otot perutmu dapat menjadi tegang dan membuat diaremu semakin parah. Makanan berlemak bertanggung jawab atas rasa kembung yang terjadi akibat perlambatan pengosongan lambung. Tidak hanya itu, makanan berlemak akan membuat obat diare yang kamu konsumsi sulit terserap oleh tubuh.

  2. Minuman Yang Mengandung Soda, Kafein, Dan Alkohol
    Ketiga jenis minuman ini perlu kamu hindari sebab akan menyebabkan cairan dalam tubuhmu hilang lebih banyak. Mereka bertindak sebagai diuretik yang bertanggung jawab atas peningkatan produksi dan volume urine, sehingga berisiko memperparah dehidrasi saat kamu terserang diare. Selain itu, minuman soda dan yang mengandung alkohol akan menurunkan efektivitas obat diare yang sedang kamu konsumsi.

  3. Makanan Berserat Tinggi
    Meski serat sangat baik dan wajib ada dalam menu makananmu sehari-hari, saat diare kamu harus membatasi makanan jenis ini. Makanan ini akan membuatmu mudah untuk BAB, sehingga perlu dihindari terlebih dahulu sampai kondisimu membaik. Contoh makanan dengan kandungan serat yang tinggi antara lain sayuran, pepaya, dan gandum utuh.

Makanan Yang Disarankan Untuk Dikonsumsi Saat Diare

Sementara itu, agar kamu tidak kekurangan nutrisi selama terserang diare, berikut ini juga terdapat makanan yang wajib kamu konsumsi saat diare:

Saat diare, kamu harus terus mengonsumsi cairan dari manapun sumbernya. Salah satu sumber cairan yang dapat kamu konsumsi adalah makanan dengan kuah seperti sup ayam, sayur bayam, dan semacamnya.

  1. Probiotik

Cara lain untuk membantu pencernaan pulih dari infeksi diare adalah dengan mengonsumsi probiotik. Kamu bisa mendapatkannya dengan konsumsi minuman susu fermentasi atau yogurt. Probiotik dapat menggantikan atau menambah bakteri baik yang biasanya ditemukan di saluran pencernaan.

Selain untuk diare, berikut adalah beberapa manfaat lain dari probiotik untuk pencernaan diantaranya:

  • Menyehatkan pencernaan: Susu fermentasi yang Makanan dengan karbohidrat tinggi

Saat sedang terserang diare, penting agar tetap menjaga asupan makanan yang menyimpan banyak energi. Makanan yang dapat kamu konsumsi antara lain nasi putih, bubur, atau pisang.

  • Makanan Berkuah
  • mengandung bifidobacterium dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi gejala sindrom iritasi usus.
  • Perlindungan terhadap konstipasi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt secara teratur yang difermentasi dengan bifidobacterium, dapat mengurangi sembelit
  • Mengurangi gejala tidak nyaman sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome atau IBS), yang merupakan gangguan umum yang mempengaruhi usus besar.

 

YoyiC Dengan 10 Miliar Bakteri Baik Untuk Penanganan Diare

YoyiC adalah salah satu minuman yang kaya akan kandungan probiotik di dalamnya, yaitu sebanyak 10 miliar bakteri baik di dalamnya. Produk YoyiC menggunakan probiotik jenis Lactobacillus Casei atau L. casei yang membantu mengendalikan beberapa mikroorganisme yang lebih berbahaya. Kamu bisa memilih YoyiC Fermented Milk Drink atau YoyiC Yogurt Drink sebagai salah satu alternatif minuman sehat sekaligus mengatasi masalah pada pencernaan saat kamu diare. 

 

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3680008/pancaroba-waspada-diare-dan-ispa

https://nakita.grid.id/read/021657784/hal-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dilakukan-saat-diare-apa-saja-moms?page=all

https://www.halodoc.com/yang-boleh-dan-tidak-boleh-dikonsumsi-saat-diare

https://health.clevelandclinic.org/moms-advice-is-still-the-best-for-treating-diarrhea/


Related Posts