Artikel

Penderita Maag Boleh Konsumsi Yogurt Atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Maag adalah kasus yang cukup banyak ditemui dalam masyarakat. Bahkan menurut data yang dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2012, tingkat kejadian penyakit maag di Indonesia mencapai 40,8 persen. Akan tetapi, banyak orang masih belum memahami sepenuhnya apa itu penyakit maag.

Sakit maag atau dispepsia adalah gejala penyakit berupa rasa nyeri dan panas pada lambung yang terjadi akibat sejumlah kondisi. Di antaranya adalah luka terbuka pada lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi non steroid (OAINS), dan stres.

Penyakit maag terjadi ketika lapisan lendir tebal yang melindungi perut dari cairan pencernaan berkurang jumlahnya. Akibatnya, asam lambung mencerna lapisan jaringan organ perut yang menjadi penyebab maag. Penyakit maag merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang mudah disembuhkan, akan tetapi dapat menjadi parah bila tidak ditangani dengan tepat.

Bahaya Yang Bisa Mengancam Saat Menderita Sakit Maag

Maag adalah penyakit yang kadangkala disepelekan karena sudah terlalu umum terjadi. Padahal sakit maag adalah suatu kondisi yang harus diwaspadai. Jika tidak segera ditangani, aktivitas bisa jadi terganggu lantaran nyeri, perih dan mual akibat maag. Nah, yang sering tidak disadari adalah akibat lebih lanjut dari penyakit ini. Jika dibiarkan saja tanpa pengobatan, maka radang akan semakin hebat, luka akan semakin dalam, dan lambung akan berdarah.

Adanya perdarahan di lambung ini ditandai dengan nyeri yang sangat dan disertai muntah darah atau buang air besar berupa darah yang sudah menghitam. Bila dibiarkan terus maka lambung bisa bocor, luka akan menembus dinding lambung sehingga lambungnya berlubang. Darah akan masuk ke rongga perut dan mengakibatkan rasa nyeri yang sangat hebat. Keadaan ini bisa mengakibatkan kondisi yang sangat serius.

Itulah mengapa, sebisa mungkin kamu harus mencegah sebelum terjadi gejala maag akut yang bisa membawa akibat fatal. Kalau tubuh terutama pencernaan sehat, maka segala aktivitas akan mungkin untuk dilakukan. Kamu bisa mulai mengatur pola makan yang sehat dan mulai konsumsi makanan yang dapat meningkatkan bakteri sehat pada tubuh seperti

  1. Brokoli, kembang kol, kol, dan lobak

  2. Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung

  3. Makanan kaya probiotik, seperti sauerkraut, miso, kombucha, yogurt (terutama dengan lactobacillus dan Saccharomyces)

  4. Apel

  5. Blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry

  6. Minyak zaitun

Selain itu, karena penderita maag perut mungkin menderita penyakit asam lambung, ada baiknya menjauhi makanan pedas dan asam saat maag menyembuhkan.

Memilih Yogurt Yang Baik Untuk Penderita Maag

Beberapa makanan di atas disebutkan jika yogurt bisa jadi makanan yang baik untuk penderita maag karena dapat membantu meningkatkan bakteri baik pada tubuh. Yogurt yang mengandung probiotik bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri yang membahayakan. Bukan hanya itu, yogurt yang kaya bakteri baik ini juga dapat menenangkan perut untuk meredakan GERD. Dengan konsumsi yogurt, waktu makanan berpindah ke dalam usus bisa meningkat lebih cepat.

The American Gastrointestinal Association juga merekomendasikan yogurt untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, membantu meredakan sembelit (susah buang air besar), diare, dan permasalahan usus lainnya. Ada beberapa studi-studi tentang efek probiotik yang menunjukan keampuhan yogurt untuk kesehatan sistem pencernaan seperti:

  1. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Digestive Disease 2009 menemukan bahwa probiotik memiliki efek penyembuhan pada saluran usus dan mencegah konstipasi.

  2. Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menguji efek penambahan secangkir yogurt yang mengandung probiotik di samping pengobatan medis dari dokter. Hasilnya, terapi obat maag yang diikuti dengan pemberian yogurt memberikan efek yang 4 kali lebih efektif untuk mengobati maag akibat infeksi bakteri H. pylori.

  3. Sebanyak 86 persen orang yang mengonsumsi yogurt bersama dengan obat maag memiliki pengurangan jumlah bakteri H. pylori yang lebih banyak dibandingkan dengan 71 persen mereka yang mengonsumsi obat maag saja.

Jadi, apakah orang dengan maag boleh makan yogurt? Jawabannya adalah mengonsumsi yogurt sejauh ini aman bagi penderita maag. Pilihlah yogurt yang memang mengandung bakteri aktif di dalamnya yang baik bagi tubuh, seperti YoyiC. Biasanya yogurt yang benar-benar mengandung probiotik di dalamnya, mencantumkan berapa banyak jumlah bakteri baik di dalamnya.

Pada produk YoyiC sendiri, terkandung 10 miliar bakteri baik lactobacillus yang bekerja dengan aktif untuk menjaga dan menyeimbangkan bakteri dalam pencernaanmu. Jika jumlah bakteri dalam usus seimbang, kamu tidak akan mudah terkena maag. Kamu pun bisa beraktivitas tanpa takut gangguan pencernaan.

Ada 3 produk YoyiC yang kini bisa kamu dapatkan, yaitu Fermented Milk Drink, Yogurt Drink dan produk terbaru yaitu Dessert Yogurt. Semuanya enak, fresh dan menyehatkan pencernaan. Cobain yuk!

Sumber:

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/apa-itu-penyakit-maag/

https://www.alodokter.com/sakit-maag

https://doktersehat.com/apa-itu-sakit-maag/

https://www.healthline.com/health/stomach-ulcer#diet

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/maag-boleh-makan-yogurt-tidak/


Related Posts