Artikel

Manfaat Yogurt Bagi Ibu Hamil

Ketika sedang mengandung anak, seorang ibu cenderung berhati-hatiĀ  dalam melakukan

berbagai hal. Alasannya tentu saja karena pilihan yang diambil akan berpengaruh pada sang bayi baik secara fisik maupun psikis.

Salah satu hal yang para ibu perhatikan adalah asupan minuman. Banyak fakta dan mitos yang bertebaran di masyarakat tentang minuman yang baik dan disarankan untuk para ibu hamil, juga minuman yang bisa saja mengganggu perkembangan janin. Sampai parahnya mengalami keguguran.

Minuman yang sering kita nikmati dan masih ada perdebatan tentang baik atau buruknya minuman tersebut untuk ibu hamil adalah yogurt. Rasanya yang asam sering dinilai berbahaya untuk janin. Apakah itu mitos atau fakta? Mari kita usut dalam tulisan ini.

Yogurt, atau susu fermentasi adalah minuman probiotik, yaitu minuman yang mengandung bakteri baik. Jumlah konsumsi yang sesuai, akan memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama bagi pencernaan.

Yang perlu menjadi perhatian bagi ibu hamil bila ingin mengonsumsi yogurt adalah kadar gula tambahan dalam yogurt. Gula yang berlebih dapat menimbulkan obesitas pada ibu hamil. Juga kadar asam yang tidak terlalu kuat. Rasa asam yang sangat kuat dikhawatirkan membuat ibu hamil sakit perut.

Disarankan memilih yogurt dengan rasa plain. Terakhir, jumlah yogurt yang dikonsumsi sebaiknya 600 gr sehari. Agar manfaat yogurt dapat terasa oleh ibu hamil.

Setelah mengetahui aturan ibu hamil untuk mengonsumsi yogurt, kali ini kita bahas 7 manfaat minum yogurt.

 

  1. Protein untuk Menjaga Kebugaran

Kita tahu bahwa protein merupakan sumber tenaga bagi manusia. Kita bisa mendapat asupan

protein dari berbagai macam makanan dan minuman. Susu mengandung protein yang cukup tinggi.

Walau sudah berbentuk yogurt, protein dalam susu tidak hilang. Sehingga mengonsumsi yogurt akan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih bertenaga terlebih karena sedang mengandung janin.

  1. Mengandung Asam Folat

Pada masa pertumbuhan janin, terutama masa perkembangan otak dan sistem saraf, asam folat sangatlah diperlukan. Proses perkembangan ini biasanya berlangsung pada trimester pertama. Selain untuk perkembangan janin, asam folat juga dapat membantu ibu hamil agar tidak menderita anemia.

  1. Pembentukan Tulang Janin dengan Kalsium

Zat yang dapat membantu pembentukan tulang dan gigi adalah kalsium. Yogurt yang

mengandung kalsium dapat berdampak baik pada tulang dan gigi janin juga ibu hamil. Kekurangan kalsium dapat menghambat pembentukan tulang dan menyebabkan tulang ibu mudah keropos.

  1. Menghindari Resiko Infeksi

Seorang ibu hamil sangat rentan terkena infeksi yang diakibatkan oleh kuman, virus, bahkan

bakteri. Bakteri baik dalam yogurt dapat membantu menguatkan tubuh ibu hamil agar terhindar dari berbagai resiko infeksi. Tentu saja, dengan takaran yang dianjurkan.

  1. Mengurangi Kadar Toksin dalam Tubuh dengan Probiotik

Kekinian kita bisa menemui banyak hal yang mengandung logam berat seperti merkuri dan

arsenik. Probiotik dapat melindungi janin dan ibu hamil dari senyawa logam tersebut. Hal ini perlu menjadi perhatian karena pengurangan senyawa tersebut dapat mengurangi efek perkembangan negatif pada janin dan bayi baru lahir.

  1. Mendapatkan Omega-3, Lemak Baik yang tidak Diproduksi Tubuh

Omega-3 mendukung perkembangan jaringan pada otak, syaraf dan mata pada janin. Manfaat

lainnya adalah untuk melindungi janin dari resiko penyakit jantung.

  1. Seimbangnya Elektrolit dalam Tubuh

Yogurt mengandung kalium yang cukup untuk membuat elektrolit dalam tubuh ibu hamil

seimbang. Setiap 1 cup yogurt mengandung sekitar 400 mg kalium. Jumlah ini sama dengan jumlah kalium pada satu buah pisang. Selain itu kalium juga dapat menjaga kesehatan pada jantung janin dan ibu hamil.

Jadi, sudah tahu kan apakah yogurt itu baik atau tidak untuk ibu hamil dan janinnya? Yogurt mengandung berbagai macam kebaikan asalkan dikonsumsi dengan kadar dan kandungan yang tepat.

Terdapat banyak pilihan yogurt yang beredar di masyarakat, salah satunya adalah Yoyic. Dengan rasa plain dan takaran yang pas, membuat Yoyic susu fermentasi menjadi rekomendasi bagi ibu hamil.


Related Posts