Artikel

5 Manfaat Yogurt untuk Diet

Menjaga tubuh kita agar selalu fit dalam menjalani kegiatan sehari-hari adalah hal yang perlu kita lakukan. Seringkali kita tidak menyadari bahwa secara perlahan energi di dalam tubuh terus berkurang. Semakin tua, daya tahan tubuh kita pun semakin menurun. Maka dari itu kita perlu membuat tubuh kita berada dalam keadaan prima agar tidak mudah tumbang.

Banyak hal yang bisa dilakukan terkait hal ini. Mengatur pola kegiatan sehari-hari dengan istirahat yang cukup. Bisa juga dengan mengeluarkan usaha yang lebih yaitu dengan cara berolahraga. Yang terakhir, mengatur segala makanan yang masuk ke dalam tubuh kita atau sederhananya biasa disebut dengan diet.

Kebanyakan orang ketika mendengar kata diet langsung terpikir tentang mengurangi makanan yang dikonsumsi. Padahal, lebih tepatnya, kita mengatur makanan-makanan apa saja yang di makan karena makanan tersebut secara langsung dapat berpengaruh pada kondisi tubuh kita. Zat-zat yang terdapat pada makanan dapat membantu untuk menjaga tubuh, tentu saja dengan kadar yang tepat. Seperti contohnya karbohidrat, protein, kalsium dll.

Makanan yang dapat dikonsumsi selama program diet tidak selalu terasa kurang nikmat. Ada beberapa makanan dan minuman yang secara langsung disarankan demi diet yang nyaman. Salah satunya adalah yogurt. Pertama-tama, walau dibuat dengan cara yang mirip, ternyata ada perbedaan antara yogurt dan susu fermentasi. Keduanya sering dianggap serupa karena proses pembuatannya yang sama-sama memfermentasi susu dengan asam laktat. Perbedaannya ada pada penggunaan bakterinya. Bakteri baik yang digunakan pada yogurt jauh lebih spesifik daripada susu fermentasi yang bisa menggunakan segala jenis macam asam laktat dalam pembuatannya. Perbedaan selanjutnya yaitu pada teksur yogurt yang lebih kental daripada susu fermentasi. Mudah bukan membedakannya?

Selanjutnya, mari kita bahas satu-persatu tentang manfaat dari yogurt untuk program diet.

 

  1.       Probiotik Demi Pencernaan yang Lebih Lancar

Ketika pencernaan tubuh kita baik, masuknya nutrisi dalam tubuh kita dan mengeluarkan sisa-sisa yang tidak terpakai, proses dan siklusnya akan menjadi lancar. Salah satu zat yang dapat  melancarkan siklus pencernaan adalah probiotik. Maka dampaknya adalah tersalurnya gizi dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

  1.       Melepaskan Hormon Penurun Nafsu Makan

Mulut dan perut yang senang untuk makan, seringkali membuat kita tidak dapat mengontrol makanan apa saja yang kita konsumsi. Dengan lepasnya GLP-1, yaitu hormon penurun nafsu makan, maka dengan meminum yogurt, kita jadi tidak mudah lapar, dan akhirnya kita bisa menahan mulut dan perut kita untuk tidak terus-terusan makan.

 

  1.       Meningkatkan Kadar Protein

Di dalam tubuh kita terdapat lemak baik juga lemak jahat. Bila lemak dalam tubuh kita jumlahnya berlebihan, penyakit-penyakit buruk bisa bermunculan, salah satunya obesitas. Protein dalam yogurt dapat membantu menurunkan timbunan lemak.

  1.       Kalsium tidak Hanya untuk Tulang dan Gigi

Sejak kecil kita sering disarankan untuk banyak meminum susu demi segera tumbuhnya gigi dan kuatnya tulang. Kenyataannya, manfaat dari kalsium tidak hanya itu. Kalsium juga bisa memengaruhi pola makan, darah, kadar gula, juga perubahan pola hidup bakteri baik di dalam usus.

  1.       Terdapat Banyak Vitamin

Ketika kita sedang melakukan sesuatu diluar dari kebiasaan kita, biasanya tubuh membutuhkan waktu untuk adaptasi. Jika kesulitan beradaptasi, tubuh bisa saja jatuh sakit ketika sedang menjalankan program diet. Maka dari itu, yogurt menjadi minuman yang tepat karena di dalamnya juga terdapat banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, dan C.

Diatas sudah dijelaskan manfaat yogurt ketika sedang menjalankan program diet. Jadi, mau mulai kapan?


Related Posts