Artikel

7 Cemilan yang Enak Dimakan Di Musim Hujan

Keunggulan yang dimiliki oleh negara Indonesia adalah memiliki beragam adat dan budaya. Hal yang juga menjadi bagian dari adat dan budaya tersebut adalah kuliner. Saking banyaknya, kita akan membutuhkan waktu yang cukup lama bila ingin mencoba semua ragam kuliner khas Indonesia.

Salah satu pembentuk adanya variasi dari setiap kuliner adalah cuaca yang berbeda-beda dari setiap daerah. Bila suatu daerah memiliki cuaca yang dingin, kuliner khas sekitarnya cenderung dibuat untuk menghangatkan tubuh penikmatnya. Begitupun bila daerahnya memiliki cuaca yang panas, makanan dan minuman yang dibuat cenderung menyegarkan.

Akhir tahun di Indonesia cuaca mulai berubah menjadi musim hujan. Momen ini pula yang dimanfaatkan oleh para pembuat dan penjual kuliner untuk membuat makanan dan minuman yang enak untuk dikonsumsi saat hujan. Berikut daftarnya.

1. Seblak

Makanan khas suku Sunda yang berbahan baku kerupuk, direbus dan diberi rempah khusus sehingga membuat aroma yang khas. Tidak lupa dengan menambahkan cabai untuk rasa yang lebih pedas. Disajikan dengan kuah membuat kita bisa menyeruput kuahnya yang hangat dan pedas.

2. Ketan Bakar

Beras ketan yang dimasak setengah matang lalu biasanya dibentuk persegi. Setelah itu dibakar sampai benar-benar matang agar menambah kegaringan dibagian luarnya. Agar memiliki rasa lain, biasanya ditambah bumbu kacang dan serundeng.

3. Cuanki

Makanan berkuah memang sangat pas untuk dikonsumsi saat hujan. Salah satunya adalah cuanki. Siomay, tahu, dan bakso, diberi kuah dengan bumbu sedehana seperti garam, seledri, dan penyedap rasa. Bisa ditambah saus dan sambal. Penjual cuanki mudah ditemukan, terutama saat musim hujan.

4. Mie Instan Rebus

Semua orang tahu bahwa mie instan rebus adalah kenikmatan yang hakiki saat musim hujan. Cara membuat yang mudah, juga bisa ditambah berbagai macam toping agar lebih nikmat. Hal terbaiknya terdapat pada kuahnya.

5. Serabi

Kue basah yang rasa originalnya asin. Rasa penguatnya terdapat pada toping. Kita bisa memilih berbagai macam toping sesuai dengan keinginan. Uniknya, toping tersebut tidak perlu rasanya asin. Kita bisa menambahkan toping seperti coklat, vanilla, dan keju.

6. Martabak Bangka

Makanan ini memiliki berbagai nama yang berbeda. Selain martabak bangka, kue ini biasa disebut kue terang bulan. Ada yang manis, juga ada yang asin. Biasa menggunakan toping seperti keju, coklat, pisang, kacang dll.

7. Pempek

Makanan khas Palembang yang memiliki tekstur renyah diluar sekaligus lembut di dalam. Memiliki bentuk dan isi yang beragam. Yang khas dari makanan ini yang berwarna hitam dengan rasa asam pedas yang kuat.

Makanan-makanan di atas direkomendasikan untuk anda terutama saat musim hujan berlangsung. Agar kesehatan anda tetap terjaga setelah mengkonsumsi makanan di atas, ada baiknya mengkonsumsi asupan penyeimbang. Salah satunya adalah YoyiC Fermented Milk agar pencernaan kita tetap lancar dan tetap berstamina dalam berkegiatan sehari-hari.


Related Posts