Artikel

Amankah Meminum Yogurt Setiap Hari?

Setiap harinya, dunia food & beverages terus berkembang. Para pakar tak Lelah mencari makanan dan minuman yang baru untuk dikonsumsi manusia. Asumsinya, manusia akan terus lapar dan haus. Sehingga bisnis makanan atau minuman akan terus ada karena permintaannya pun takkan pernah berhenti.

Walaupun begitu, kita bisa merasa bosan dengan makanan dan minuman yang itu-itu saja. Pasar akan terus menuntut variasi yang membuat para ahli masak tanpa henti berinovasi.

Terdapat istilah yang terkenal di Indonesia mengenai asupan untuk manusia, yaitu “4 Sehat 5 Sempurna”. Di dalamnya ada berbagai macam makanan dan minuman yang mana bila kita penuhi semuanya, dapat membuat tubuh kita menjadi baik.

Salah satunya adalah susu. Minuman berwarna putih dan bisa didapatkan dari beberapa hewan ini, sudah teruji memiliki banyak manfaat. Kandungan seperti zat besi, protein mineral, dll. dapat memberikan hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Susu rasanya plain. Ini artinya, susu bisa dikombinasikan dengan berbagai hal agar memiliki rasa yang menarik. Sehingga munculah variasi seperti susu stroberi, susu coklat, dan rasa lainnya. Pengembangan ini terus ada agar kita bisa memilih cara menikmati susu. Salah satu pengembangan yang telah hadir adalah membuat susu yang difermentasi.

Susu fermentasi adalah susu yang dibuat menggunakan asam laktat. Laktosa dalam susu diubah oleh asam laktat dan memunculkan bakteri baik yang siap melindungi sistem pencernaan tubuh dari ancaman bakteri jahat. Dampaknya adalah pencernaan kita menjadi lancar dan sehat.

Asam laktat itu beragam. Susu bisa difermentasi menggunakan semua macam asam laktat. Namun ada asam laktat khusus yang dapat membuat susu menjadi memiliki tekstur yang lebih kental, atau yang biasa dikenal dengan yogurt. Keduanya memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Perbedaannya hanya pada tekstur saja. Variasi ini menambah ragam cara untuk menikmati susu, terutama susu fermentasi.

Bila sudah tahu mengenai kebaikan susu fermentasi, akan muncul pertanyaan, apakah boleh bila kita mengkonsumsi susu fermentasi atau yogurt setiap hari? Jawabannya adalah, boleh. Selama kita mengkonsumsi susu fermentasi atau yogurt dengan teratur.

Yang perlu diperhatikan adalah kandungan lain yang biasanya ada pada susu fermentasi, seperti gula dan kalori. Ancaman yang ada ketika kita mengkonsumsi terlalu banyak gula salah satunya adalah obesitas.

Selain kandungan lain, yang harus digarisbawahi adalah kondisi anda ketika anda rutin meminum susu fermentasi. Jika anda memiliki alergi susu ataupun intoleransi laktosa, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi mengenai rutinitas ini.

Karena walaupun sudah diubah, yogurt tetaplah susu. Niat awal ingin menyehatkan pencernaan, malah nantinya bisa mengganggu akibat intoleransi terhadap probiotik.

Keresahan-keresahan diatas didengar oleh YoyiC Fermented Milk. Produk dari YoyiC memiliki rasa plain dengan kandungan gula yang minim. Sehingga baik bila dikonsumsi tiap hari. Pilihan rasanya pun beragam sehingga kita tidak akan merasa bosan bila mengkonsumsinya rutin.


Related Posts