Artikel

Apakah Yogurt Baik untuk Menurunkan Kolesterol?

Apakah anda suka minum yogurt? Apakah yogurt baik untuk menurunkan kolesterol? Kolesterol merupakan zat jahat yang bisa anda temukan di seluruh sel tubuh. Zat tersebut secara alami yang sebenarnya memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh kita. Adapun manfaat dari kolesterol adalah membantu menghasilkan vitamin D dan juga beberapa hormon.

Meskipun begitu, jika kadar kolesterol kita terlalu banyak, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan. Secara teori terdapat dua jenis kolesterol. Yang pertama dinamakan LDL atau low density lipoproteins dan yang kedua dinamakan HDL atau high density lipoproteins. Untuk LDL sendiri biasanya dinamakan sebagai kolesterol jahat sementara HDL disebut kolesterol baik.

Jika kadar LDL tinggi, maka bisa menyebabkan penumpukan lemak yang kemudian menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, peradaran darah menjadi tidak lancar yang berdampak pada beragam penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

Adapun untuk HDL, ia berperan membersihkan lemak untuk membawanya kembali ke liver atau hati. HDL juga berfungsi membersihkan pembuluh darah dan juga organ tubuh yang lain dari lemak yang masih tersisa.

Untuk mengatasi permasalahan kolesterol tersebut, maka anda bisa membiasakan diri mengkonsumsi yogurt. Kandungan yogurt memang bermanfaat untuk berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kolesterol.

Namun perlu dipahami bahwa yogurt yang diminum tidak boleh berlebihan. Anda harus mengkonsumsinya dengan kadar sewajarnya saja agar supaya anda benar-benar bisa merasakan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Yogurt

Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan memanfaatkan yogurt? Di dalam yogurt terkandung bakteri bernama lactobacillus dan juga bifodabecterium lactis. Kedua bakteri ini yang berperan sebagai bakteri asam laktat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh atau LDL.

Bukan hanya itu saja, kedua bakteri ini juga akan meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Selain itu, yogurt juga mengandung kadar kalsium yang tinggi sehingga sangat baik untuk anda yang memang membiasakann diri minum yogurt secara teratur.

Yogurt juga mengandung probiotik yang bermanfaat untuk menghambat terjadinya proses reabsorsi empedu serta absorsi kolesterol. Manfaat probiotik untuk menurunkan kolesterol telah diuji dengan penelitian yang sudah dilakukan pada sekitar tahun 2010. Penelitian tersebut dilakukan oleh Siraz University of Medical Science dan Armenian Agriculture Academy.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tersebut menyimpulkan bahwa yogurt memang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun tidak semua jenis yogurt yang bisa memiliki manfaat seperti ini. Lalu yogurt yang seperti apa saja yang bermanfaat menurunkan kolesterol?

Salah satu ciri yogurt yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat adalah yogurt yang tidak menggunakan gula asli. Maka dari itu, anda disarankan mengkonsumsi yogurt plain atau plain yoghurt. Anda juga bisa mengkonsumsi Greeek Yoghurt yang terkenal akan kandungan proteinnya yang lebih tinggi dibandingkan yogurt biasanya.


Related Posts