Artikel

Apakah Yogurt Baik Untuk Penderita Asam Urat?

Kira-kira apakah yogurt baik untuk penderita asam urat? Yogurt merupakan salah satu minuman susu fermentasi yang banyak digemari. Terkadang orang yang mengkonsumsi yogurt tidak terbatas usia. Wanita dan pria bahkan menjadikan yogurt sebagai salah satu menu favorit mereka, khususnya ketika di pagi hari.

Memang ada banyak manfaat yogurt yang baik bagi kesehatan. Selain dikonsumsi, ternyata yogurt juga memiliki banyak khasiat ketika dioleskan ke wajah. Salah satu manfaat yogurt untuk kulit adalah membuat wajah anda tampak lebih putih, bersih, dan tidak kering.

Selain itu, kandungan yang ada di dalam yogurt juga sangat sesuai untuk anda yang sekarang sedang dalam diet. Mengkonsumsi yogurt akan membuat anda kenyang sehingga tidak perlu mengkonsumsi makanan lainnya.

Dengan semua khasiat yang dikandungnya, lantas apakah yogurt tidak memberikan efek apapun ketika diksonsumsi oleh seseorang yang menderita asam urat? Perlu anda tahu bahwa asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami nyeri pada bagian persendian.

Kondisi ini tentu  sangat mengganggu dan menyiksa penderitanya. Siapapun bisa terkena asam urat yang mana penyakit ini memang tidak harus menunggu orang tersebut menginjak usia tua. Kondisi tersebut akan semakin parah jika seseorang yang menderita penyakit ini abai dengan kesehatannya.

Jika terus dibiarkan, maka dikhawatirkan rasa sakit atau nyeri yang dialaminya semakin parah dan mengganggu kegiatannya sehari-hari. Maka dari itu penderitanya harus benar-benar menghindari makanan yang menyebabkan asam urat.

Umumnya, makanan penyebab asam urat adalah makanan yang di dalamnya mengandung kadar purin yang tinggi. Salah satunya terdapat pada daging sapi, kalkun, hati, maupun beberapa jenis ikan. Selain itu, ada juga sayuran yang ternyata mengandung purin cukup tinggi yang memang harus dihindari agar supaya tidak menyebabkan penderita mengalami asam urat.

Apakah yogurt baik untuk penderita asam urat?

Selain menghindari makanan yang bisa menyebabkan asam urat. penderita penyakit ini juga harus membiasakan dirinya mengkonsumsi makanan yang bisa membantu meredakan atau menyembuhkan asam urat. Makanan yang disarankan bagi penderita asam urat adalah makanan yang di dalamnya mengandung kadar potasium tinggi.

Selain itu, makanan dengan karbohidrat kompleks, mengandung vitamin C, juga merupakan makanan yang disarankan oleh penderita asam urat. Lantas bagaimana dengan yogurt? Apakah minuman fermentasi ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat?

Perlu anda tahu bahwa yogurt mengandung kadar potasium yang tinggi. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa makanan mengandung potasium disarankan untuk mereka yang menderita asam urat. Jadi, yogurt aman dikonsumsi oleh mereka.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa anda tidak boleh mengkonsumsi yogurt dalam takaran yang terlalu banyak atau intensitas yang sering. Anda harus mengkonsumsi yogurt sewajarnya saja dan secara rutin agar supaya tidak sampai berlebihan yang dikahwatirkan menyebabkan gangguan kepada anda.

 


Related Posts