Artikel

5 Tips Puasa Tapi Tetap Segar Dengan Nutrisi Lengkap

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar puasamu tetap segar. Salah satunya dengan mengkonsumis makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan lengkap. Meskipun orang yang berpuasa wajib menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, bukan berarti mengabaikan kebutuhan nutrisi setiap hari.

Pada dasarnya bukan hal yang sulit untuk menemukan makanan dan minuman bernutrisi meskipun kamu sedang puasa. Yang terpenting makanan atau minuman tersebut sudah mengandung vitamin, protein, karboidrat, lemak, dan juga mineral.

Namun kami akan mempermudahmu dalam menemukan beberapa makanan dan minuman yang memang mengandung nutrisi yang lengkap.

1. Nasi Merah

Makan pertama yang mengandung nutrisi lengkap adalah nasi merah. Makanan ini memang di dalamnya mengandung karbohidrat kompleks sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Sekedar informasi bahwa karbohidrat kompleks akan diubah menjadi glukosa lalu dimanfaatkan sebagai energi.

Hanya, pelepasan energi tersebut berlangsung lamban. Mengapa? Karena tubuh memerlukan waktu yang lebih lama dalam mencernanya. Selain nasi merah sebenarnya ada beberapa makanan lainnya yang juga mengandung karbohidrat kompleks diantaranya: brokoli, ubi manis, buncis, kacang-kacangan, oat, dan masih banyak yang lainnya.

2. Telur

Mungkin kamu sudah tahu bahwa bahwa telur mengandung kadar protein yang tinggi. Telur juga mampu memberikan energi dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Di dalam telur, kamu sudah bisa menemukan kandungan nutrisi lengkap yang kamu butuhkann dalam menghasilkan energi.

Beberapa diantaranya yaitu vitamin A, selenium, dan vitamin B-12. Selain membuat kamu kenyang lebih lama, kandungan yang ada pada telur akan menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama dalam kondisi pandemi covid-19 sekarang ini.

3. Ikan Salmon

Apa kamu suka mengkonsumsi ikan salmon? Alasan mengapa banyak orang yang suka mengkonsumsi ikan salmon adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Daging ikan salmon terkenal memiliki tekstur lembut dan empuk. Selain protein, ternyata ikan ini juga mengandung vitamin B dan juga Omega-3.

Jadi, kamu sekarang bisa mulai menyiapkan ikan salmon sebagai menu buka puasa atau sahur favoritmu. Kandungan protein inilah yang sangat bermanfaat untuk membuat tubuhmu selalu dalam kondisi segar selama menjalankan ibadah puasa.

4.Selai Kacang

Meskipun selai kacang lebih dikenal sebagai makanan untuk anak-anak, namun kita tidak bisa memungkiri bahwa makanan ini mengandung protein yang tinggi. Kandungan protein tersebut sangat membantu melewatkan hari-hari tanpa mudah merasa lapar. Selain itu, selai kacang juga makanan yang bagus untuk mengontrol diabetes.

5. Yogurt

Selain ketiga menu di atas, yogurt juga tidak boleh kamu lupakan. Biasanya, minuman ini menjadi pilihan untuk dijadikan menu sahur. Salah satu produk yogurt terbaik yang bisa kamu pilih adalah yoyiC. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi yogurt dari yoyiC secara rutin.

Salah satunya, yogurt buatan yoyiC mengandung lactobacillus yang bermanfaat untuk mencegah kamu dari masalah pencernaan. Dengan begitu, puasamu lancar dan kamu bisa menjalankan setiap aktivitas dan meningkatkan ibadahmu tanpa perlu merasakan gangguan pencernaan.

Kamu bisa memilih 3 varian yogurt yoyiC. Ketiga varian tersebut yaitu YoyiC Fermented Milk Drink, YoyiC Yogurt Drink, dan YoyiC Dessert Yogurt. Ketiganya merupakan produk terbaik yoyiC yang bisa kamu konsumsi secara rutin guna mendapkan manfaatnya secara maksimal.

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Apapun makananmu, sangat penting untuk mengkonsumsi minuman bernutrisi salah satunya yogurt dari yoyiC. Selain itu, di tengah kondisi sekarang karena covid-19, kamu harus selalu menjaga kesehatan tubuh, seperti mencuci tangan. Jangan lupa untuk selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar serta tetap rajin berolahraga di rumah.


Related Posts