Artikel

5 Tips Kerja Produktif Di Rumah Selama Pandemi

Istilah WFH atau Work From Home memang tidak asing lagi di telinga kita. WFH merupakan istilah yang digunakan bagi seseorang yang bekerja di rumah. Work From Home memang menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran virus Corona yang sekarang jumlah korbannya sudah sangat banyak.

Dikarenakan angka pasien yang positif Corona semakin meningkat, kemungkinan WFH akan semakin diperpanjang sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Artinya, mau tidak mau kita harus lebih lama bekerja dari rumah yang lama kelamaan pastinya akan menimbulkan rasa bosan.

Tidak jarang orang yang bekerja di rumah malah membuatnya malas sehingga produktivitasnya menurun. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan tips penting seputar cara agar kamu tetap kerja produktif meskipun berada di rumah.

1. Mulai Harimu Dengan Benar

Tips kerja produktif selama di rumah adalah mengawali harimu dengan benar. Sebelum bekerja, pastikan kamu sudah mandi, mengenakan pakaian yang rapi dan kalau perlu seragam atau pakaian kantor meskipun tidak ada yang melihat.

Kamu juga bisa meluangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan mengelilingin rumah. Tujuannya untuk membuatmu seolah-olah sedang berangkat kerja. Hal ini juga bisa kamu lakukan ketika sudah selesai bekerja. Meskipun terkesan sederhana, namun cara ini cukup efektif membuatmu sedang berada di tempat kerja.

2. Makan Makanan Bergizi

Tips kedua yaitu kamu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pastikan juga bahwa kamu minum air putih yang cukup karena dua hal ini membantu dalam mempersiapkan mentalmu sebelum bekerja. Tidak jarang orang yang bekerja di rumah setelah bangun tidur langsung bekerja.

Padahal cara seperti ini terbilang kurang efektif karena kamu tidak memiliki persiapan fisik dan mental untuk memulai pekerjaanmu. Akibatnya, kamu menjadi kurang berkonsentrasi dan malah mengakibatkan produktivitas kerjamu menurun.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah sarapan dan minum air putih. Jadi, ketika kamu bekerja, kamu berada dalam kondisi mood yang bagus dan konsentrasimu akan tetap terjaga.

3. Cari Tempat yang Nyaman

Selain kedua tips di atas, untuk membuatmu tetap produktif bekerja meskipun di rumah yaitu dengan mencari tempat kerja yang nyaman. Kamu harus mencari ruangan di rumahmu yang benar-benar bisa membawa kenyamanan dan membuatmu selalu fokus selama bekerja.

Setelah kamu menentukan tempatnya, usahakan kamu tetap bekerja di tempat itu setiap harinya. Tidak sampai di situ, pastikan tempat yang kamu pilih jauh dari TV, tumpukan barang berantakan, bau menyengat, tempat bermain anak, atau hal-hal lain yang bisa mengacaukan konsentrasimu.

4. Mengatur Jadwal Kerja

Mungkin kamu sudah merasa bahwa bekerja di rumah membuatmu menjadi pribadi yang kurang konsisten. Meskipun kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, namun kamu tidak memiliki jadwal tetap sehingga terkadang ada yang terbengkalai atau tidak sesuai dengan waktunya.

Jadi, kamu harus mengatur jam kerjamu dan terapkan kerja konsisten. Kamu harus tahu kapan harus mulai bekerja dan kapan harus berhenti. Tentukan kapan kamu harus fokus bekerja dan kapan harus bersantai sehingga produktivitasmu akan tetap terjaga.

5. Manfaatkan Teknologi Semaksimal Mungkin

Tips kelima yaitu kamu harus bisa memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin. Bekerja di rumah biasanya tidak lepas dari video call atau video conference. Kamu harus bisa memanfaatkan aplikasi yang ada seperti Zoom untuk berkomunikasi membahas seputar pekerjaanmu.

Dibandingkan hanya bekerja tanpa tatap muka seperti sekadar berkirim pesan, bekerja ddengan memanfaatkan aplikasi tersebut bisa meningkatkan hubungan emosional. Kamu juga tetap bisa mengekspresikan dirimu dan keseruan pun bisa dibangun dari sini.


Related Posts