Artikel

Perhatikan Ini Saat Pakai Masker Kain

Sebelumnya Badan Kesehatan Dunia atau WHO menghimbau agar orang yang sakit saja yang diharuskan memakai masker. Namun kondisi semakin genting sehingga WHO kemudian mengubah pernyataan mereka. WHO menghimbau agar semua masyarakat baik yang sakit atau tidak harus memakai masker ketika berada di luar.

Adapun untuk masyarakat yang sembuh disarankan menggunakan masker kain. Alasannya karena masker medis lebih diprioritaskan untuk para tenaga medis. Nah, untuk memakai masker kain ada beberapa hal yang harus akmu perhatikan. Ada do and don’t yang perlu kamu perhatikan sebelum mengenakan masker kain.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memakai Masker Kain

Dengan memperhatikan penjelasan yang akan kam bagikan di bawah ini, anda bisa lebih paham tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh anda lakukan ketika memakai masker kain.

Lakukan Ini

  • Sebelum kamu mengenakan masker, pastikan kamu sudah mencuci tanganmu dengan bersih. Setelah itu, baru kamu bisa meletakkan masker pada wajah dan selipkan karet pada bagian belakang telinga. Kamu juga bisa mengikatnya ke bagian belakang kepala tergantung seperti apa bentuk kain masker yang kamu gunakan.
  • Kamu harus memilih masker yang cocok dengan ukuran wajahmu. Jangan memilih masker yang terlalu besar atau terlalu kecil. Yang harus kamu ingat adalah penggunaan masker kain ini untuk menutupi bagian wajah seperti hidung, mulut, dan dagu. Jadi pastikan ketiga bagian tersebut sudah tertutupi dengan baik.
  • Ketika kamu sudah selesai mengenakan masker, maka tentu kamu harus melepaskannya. Akan tetapi, melepas masker pun juga ada aturannya. Untuk melepasnya, kamu hanya perlu memegang bagian tali atau pengait masker. Kamu harus segera mencucinya dengan air bersih dan campuran deterjen setiap kali selesai kamu gunakan.
  • Kamu juga bisa merebus masker kainmu dengan air mendidih yang suhunya mencapai 130 derajat celcius.
  • Jika masker kain yang rutin kamu gunakan tersebut sobek atau rusak, jangan memakainya lagi. Segera buang dan gunakan masker kain yang baru.

Jangan Lakukan ini.

Beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika memakai masker kain adalah sebagai berikut:

  • Jangan sampai menggunakan masker kain lebih dari 4 jam. Alasannya karena masker kain masih memiliki kemampuan menyerap air. Tentunya masker kain berbeda dengan masker bedah maupun masker N95. Air liur atau doplets lama kelamaan bisa terserap ke kain masker dan kemudian akan mengendap. Padahal kamu sendiri tidak tahu apakah air liurmu mengandung virus atau tidak.
  • Ketika kamu sedang memakai masker kain, jangan menyentuhnya. Jika kamu bermaksud memperbaiki posisi dari masker kainmu, pastikan kamu sebelumnya sudah mencuci tangan.
  • Yang juga harus kamu perhatikan dan tidak boleh dilanggar adalah pastikan bagian luar masker terkena wajah pada saat kamu melepaskannya.
  • Jangan pernah menggunakan masker kain secara berulang-ulang tanpa mencucinya terlebih dahulu. Meskipun tidak ada virus. akan tetapi tetap saja bakteri maupun kotoran akan menempel pada maskermu jika tidak dicuci.
  • Meskipun kelebihan masker kain adalah bisa kamu cuci dan digunakan berulan-ulang. Hal ini bukan berarti kamu bisa bertukar masker dengan orang lain. Masker kain milikmu harus terus kamu pakai sendiri. Salah satu manfaatnya adalah untuk menghindarkanmu maupun orang lain dari terkena virus yang bahkan tidak pernah kamu sadari.

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang apa saja hal-hal penting yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika memakain masker kain.

Untuk semakin membuat tubuhmu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, maka kamu harus mengkonsumsi yoyiC Yogurt Drink maupun yoyiC Fermented Milk. Minuman ini mengandung nutrisi dan zat yang bermanfaat yang akan membuat daya tahan tubuh yang kuat sehingga membuatmu bisa terhindar dari virus.


Related Posts