Artikel

5 Tips Jitu Tingkatkan Produktivitas Kerja

Pekerjaan kamu  menurun karena terlalu lama berada di rumah? Tidak jarang karena waktu yang terlalu banyak dihabiskan di rumah, kemudian masuk kerja membuat kurang bersemangat. Terkadang meskipun harus bekerja dari rumah atau WFH tetap saja membuat kita terkesan santai.

Kondisi seperti ini secara tidak sadar menyebabkan produktivitas kerja menurun. Padahal sebelumnya mungkin kita terkenal sebagai seseorang yang tekun dan selalu berhasil menyelesaikan semuanya sesuai dengan target yang diinginkan.

Tips Meningkatkan Produkvitas Kerja

Berikut ini kami akan membagikan tips penting agar produktivitasmu kembali seperti dulu. Dengan begitu, semua pekerjaanmu dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

1. Rencakanan Apa yang Akan Kamu Kerjakan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merencanakan apa yang akan kamu kerjakan. Terdapat dua pendekatan yang bisa kamu coba. Pertama, kamu bisa merencakanan pekerjaan tersebut sehari sebelumnya. Kedua, kamu bisa merencanakan pekerjan mingguan yang bisa kamu lakukan pada Minggu sore atau malam.

Namun kami sarankan kamu memilih cara yang kedua. Alasannya agar kamu memiliki gambaran yang lebih tentang apa saja yang harus kamu lakukan dalam waktu seminggu.

2. Tentukan Kapan Harus Selesai

Setelah merencanakan, maka tips selanjutnya adalah menentukan kapan pekerjaan tersebut harus selesai. Tips ini akan lebih maksimal jika kamu memiliki strategi tersendiri untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut secara lebih cepat.

Namun perlu diingat, meskipun kamu bisa menyelesaikannnya dalam waktu singkat, kamu juga harus tetap memperhatikan hasil pekerjaanmu. Bukan berarti yang penting selesai karena tips kedua ini juga harus diimbangi dengan ketelitian dan hasil kerja yang sesuai.

3. Prioritaskan Tugas Penting

Tips menjaga produktivitas di kerja juga bisa kamu lakukan dengan memprioritaskan tugas yang penting. Mungkin saat ini kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Di sisi lain, kamu bingung ingin memulai dari mana karena pekerjaan tesebut sudah menumpuk.

Jangan stress dan mulailah mengelompokkan pekerjaan tersebut sesuai dengan tingkat kepentingannya. Kemudian, kamu pilih mana pekerjaan yang memang benar-benar harus kamu prioritaskan. Cukup pilih 3 saja pekerjaan tersebut. Dengan melakukan tips ketiga ini, kamu tidak sampai melewatkan tugas yang penting.

4. Fokus

Sebaik apapun tips menjaga produktivitas kerja yang kamu lakukan, hal ini akan terkesan sia-sia jika kamu tidak fokus menjalankannya. Maka dari itu, kamu harus benar-benar fokus dalam menjalankan setiap tugasmu, terutama tugas yang memang harus diselesaikan secepatnya.

Hlangkan semau gangguan yang menurutmu menyebabkan pekerjaanmu tidka kunjung selesai.  Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk terus membuatmu fokus antara lain:

  • Senyapkan telepon
  • Jangan mengerjakan sambil mendengarkan musik
  • Jangan mengerjakan tugas sambil nonton YouTube dan sejenisnya
  • Katakan pada orang lain bahwa kamu saat ini sedang fokus bekerja
  • Hindari teman yang berpotensi mengganggu fokusmu

5. Konsumsi Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Produktivitas

Setelah melakukan keempat tips di atas, tips yang tidak kalah penting adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mampu menjaga produktivitas dan semangatmu. Ada beberapa makanan maupun minuman yang ternyata mampu menjaga semangat sehingga produktivitasmu juga tetap terjaga.

Beberapa yang bisa kamu konsumsi antara lain:

  • Pisang
  • Cokelat panas
  • Teh hijau
  • Susu  rendah lemak
  • Salmon
  • Yogurt

Itulah beberapa makanan serta minuman yang bisa kamu pilih. Jika kamu rutin mengkonsumsinya, maka semangatmu akan tetap terjaga sehingga berdampak positif terhadap produktivitas kerjamu. Namun perlu diingat bahwa jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya.


Related Posts