Artikel

5 Cara Efektif Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Atasi Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan bisa dialami oleh siapa saja, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan karena pola makan yang kurang baik. Kebiasaan jajan sembarangan, makan tidak teratur, sampai mengkonsumsi minuman bersoda pun bisa mengakibatkan masalah ini.

Bagi kamu yang sudah terlanjut mengalami gangguan pencernaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara-cara yang kami bagikan ini merupakan cara alami dan tidak perlu mengkonsumsi obat yang bisa menimbulkan efek samping.

1. Minum Teh Kamomil

Kamu pecinta teh? Mungkin teh kamomil sudah tidak asing lagi di telingamu. Kamomil memang sudah lama dipercaya mampu mengobati gangguan pencernaan maupun masalah sakit perut yang lainnya. Kamu dapat menyeduh 2 sampai 3 sendok teh kamomil dalam satu cangkir.

Kamu seduh di air mendidih sekitar 10 menit. Setelah itu, Saring airnya dan bisa langsung diminum. Teh kamomil disarankan diminum sekitar 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu juga harus mengkonsumsinya dengan takaran yang normal. Terutama bagi wanita yang mempunyai riwayat kanker tidak boleh mengkonsumsinya berlebihan.

2. Makan Makanan Fermentasi

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi makanan fermentasi. Makanan yang mengandung probiotik terbukti mampu dijadikan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Probiotik bekerja dengan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Selain itu, probiotik juga mampu memecah laktosa yang ada dalam usus. Selain mampu mengatasi gangguan pencernaan, mengkonsumsi makanan fermentasi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, tubuh Anda akan lebih kebal dari penyakit, terutama kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara efektif atasi gangguan pencernaan juga bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. AgarĀ  terhindar dari masalah pencernaan, sebisa mungkin kamu harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Seseorang yang mengalami kekurangan cairan berpotensi menderita masalah pencernaan. Disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari atau kurang lebih 2 liter. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, kamu bisa terhindar dari masalah pencernaan serta dehidrasi.

4. Lakukan Terapi

Perlu kamu ketahui bahwa yang menjadi sebab munculnya gangguan pencernaan adalah stress. Untuk itu, kamu sebisa mungkin jangan sampai stress agar tidak sampai mengalami masalah tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan terapi relaksasi.

Terapi relaksasi ini bisa dilakukan di rumah, salon, maupun tempat spa. Jadi, jangan sampai stress dan ketika kamu merasa diri Anda mengalami tekanan, lakukan hal-hal yang mampu menghilangkan stress tersebut.

5. Mengubah Kebiasaan Tidur

Bagi kamu yang sudah terkena gangguan pencernaan, jangan langsung berbaring setelah makan. Berbaring hanya akan membuat masalah pencernaan Anda semakin parah. Kami menyarankan untuk tidak langsung tidur sampai gejala hilang agar tidur nyenyak.

Sebaiknya, kamu menunggu sampai kurang lebih 3 jam setelah makan baru kamu bisa tidur. Anda tidak dianjurkan untuk bersandar di kursi maupun sofa setelah makan. Tempatkanlah beberapa balok di bawah kaki kepala ranjang agar posisi kepala dan bahu lebih tinggi.

Selain itu, kamu bisa menggunakan beberapa bantal agar posisimu semakin nyaman. Dengan melakukan kebiasaan yang sangat sederhana ini, gangguan pencernaan yang kamu alami semakin lama akan semakin hilang. Tentunya hal ini juga harus ditunjang dengan melakukan pengobatan lainnya seperti yang sudah kami sebutkan.

Demikian informasi dari kami tentang bagaimana langkah-langkah untuk atasi gangguan pencernaan yang terbukti ampuh. Semoga bermanfaat.


Related Posts