Artikel

5 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Sacara Alami

Tidak bisa kita pungkiri bahwa masalah pencernaan terkadang datang secara tiba-tiba. Masalah pencernaan bisa menyerang siapa saja dan kapan saja yang kemudian akan menyebabkan aktivitas kita menjadi terganggu. Beberapa masalah pencernaan tersebut antara lain: sembeli, diare, sakit perut, mual, dan lain-lain.

Ada beberapa hal yang berpotensi menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan. Salah satunya adalah karena kita tidak menerapkan pola makan yang sehat. Bahkan kemungkinan kita memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang memang berpotensi menyebabkan sakit perut, seperti makanan pedas.

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kondisi seperti ini tentunya harus segera di atasi agar tidak semakin parah. Untuk itu, kamu bisa mempelajari informasi yang kami bagikan kali ini sehingga kamu bisa mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk kesehatan pencernaanmu.

1. Makan Makanan Utuh

Cara menjaga kesehatan pencernaan secara sederhana dan alami adalah dengan mengkonsumsi makanan utuh. Seseorang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dan olahan lemak jenuh kerap diakitkan berpotensi mengalami gangguan pencernaan.

Selain itu, jenis makanan ini juga bisa menyebabkan seseorang mengalami resiko penyakit radang usus. Makanan yang di dalamnya mengandung pemanis buatan juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Oleh sebab itu, kamu harus mengkonsumsi makanan utuh atau real food atau makanan dengan kandungan gizi yang tinggi.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Selain mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, tips kedua adalah kamu harus memperbanyak mengonsumsi makanan berserat. Sudah bukan rahasia lagi jika serat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ada tiga jenis serat, yaitu serat tidak larut, serat larut, dan juga serat prebiotik.

Serat larut memiliki manfaat menahan penyerapan dari beberapa kandungan yang berpotensi menyebabkan dampak negatif jika memiliki kadar yang terlalu tinggi atau terlalu cepat diserap tubuh. Untuk serat larut ini dapat kamu temukan di biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayur.

Sementara itu, serat tidak larut berperan membersihkan saluran cerna serta membentuk massa pada feses. Dengan begitu, BAB menjadi lancar. Untuk serat prebiotik berperan memberi makan bakteri usus sehat sehingga melindungimu dari radang usus.

3. Mengkonsumsi Lemak Sehat

Cara menjaga kesehatan pencernaan yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak berperan membantumu merasa kenyang serta berperan dalam proses penyerapan nutrisi.

Selain itu, omega-3 bisa bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit radang usus. Beberapa makanan yang mengandung lemak omega-3 antara lain: kacang-kacangan, biji rami, biji chia. Kamu juga bisa menemukannya di sarden, ikan salmon, mackerel, dan lain-lain.

4. Minum Cukup Air

Meskipun terbilang sederhana, ternyata mengkonsumsi cukup air juga bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan. Seseorang yang rendah asupan airnya bisa berpotensi menderita sembelit. Banyak ahli kesehatan menyarankan agar meminum 50 sampai 66 ons atau 1,5 sampai 2 liter cairan non kafein setiap harinya.

Namun bagi kamu yang tinggal di daerah beriklim tropis, kemungkinan kamu memerlukan asupan air yang lebih banyak. Yang terpenting, jangan sampai kamu mengalami kekurangan asupan cairan setiap hari.

5. Mengatasi Stress

Stress juga bisa menyebabkan seseorang menderita masalah pencernaan. Hal ini diakibatkan karena hormon stress bisa langsung berpengaruh terhadap sistem pencernaan. Stress juga bisa menyebabkan energi dan darah teralihkan dari sistem pencernaan tersebut.

Kamu harus mampu mengontrol stresmu, seperti melakukan meditasi, yoga, atau pelatihan relaksasi lainnya. Selain itu, menerapkan terapi perilaku kognitif dan juga akupuntur bermanfaat untuk menjaga fungsi saluran pencernaan.


Related Posts