Artikel

5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah Selama Karantina

Kebijakan WFH atau Work From Home memang bertujuan untuk menekan penyebaran virus Corona. Akan tetapi, hal ini terkadang menimbulkan permasalahan baru, yaitu berat badan yang naik dikarenakan aktivitas yang kita lakukan hanya berada di dalam rumah.

Selain itu, berdiam diri di rumah terkadang membuat kita menyepelekan waktu olahraga dan lebih banyak menghabiskan waktu bersantai. Apalagi kebiasaan ngemil membuat berat badan tiba-tiba naik secara signifikan.

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Selama Karantina?

Agar kamu bisa menurunkan berat badanmu selama masa karantina ini, kamu bisa mengikuti beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini. Setelah membaca dan mempelajari tips tersebut, kami yakin lama kelamaan berat badanmu akan mulai turun sesuai dengan berat badan ideal yang kamu inginkan.

1. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Cara menurunkan berat badan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat. Kamu bisa membiasakann diri mengkonsumsi sayuran dan buah yang bisa memberikan tubuhmu lebih banyak serat serta berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tersebut membantu dalam menurunkan berat badan. Kami menyarankan agar kamu fokus mengkonsusmi sayuran bertepung, sayuran hijau, dan juga berserat. Hal ini bertujuan agar nafsu makanmu bisa lebih terkontrol sehingga perutmu kenyang dan tidak perlu mengkonsumsi makanan yang lain.

2. Penuhi Kebutuhan Air Setiap Hari

Tahukah kamu bahwa air juga merupakan elemen penting yang bisa membantumu menurunkan berat badan? Kamu bisa membiasakan diri minum air baik sebelum dan sesudah makan. Hal ini juga bertujuan agar membuat perutmu terasa kenyang.

Pastikan bahwa kebutuhan air setiap hari tetap terjaga. Dengan membiasakan hal sederhana seperti ini, lama kelamaan berat badanmu akan turun dengan sendirinya. Cara ini sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja.

3. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Manis

Untuk cara menurunkan berat badan yang ketiga ini pasti semua orang sudah mengetahuinya. Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat memang perlu. Namun bukan berarti makanan tersebut berasal dari makanan manis seperti donat, cookies, sereal, cake, dan sejenisnya bukanlah makanan yang bagus untuk kamu yang sedang menjalani diet.

Lalu apa yang harus kamu lakukan? Sekarang cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Kamu juga bisa menambahkan produk gandum utuh sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Sekadar informasi jika karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh sehingga membuatmu kenyang lebih lama.

4. Stop Menghitung Kalori

Terkadang orang yang memiliki kebiasaan menghitung kalori malah menyebabkan pola pikir yang kurang sehat. Mereka harus selalu memperhatikan dan menghitung setiap kalori dari setiap makanan yang mereka konsumsi. Memang tidak semua orang akan mengalami hal seperti ini.

Namun kamu bisa menghindarinya dengan tidak terlalu fokus pada kalori. Kamu lebih baik fokus terhadap kualitas dari makanan yang kamu konsumsi. Kamu tinggal mencari makanan yang mampu mengurangi konsumsi makanan harianmu namun masih tetap memberikan sumber energi dan nutrisi yang cukup untuk tubuhmu.

5. Kurangi Makanan Cepat Saji, Olahan, dan Kalengan

Cara menurunkan berat badan yang kelima yaitu dengan mengurangi mengkonsumsi makanan cepat saji, olahan, dan kalengan. Tidak bisa kita pungkiri bahwa selama karantina ini mungkin kita lebih sering mengkonsumsi ketiga jenis makanan tersebut dibandingkan kondisi sebelum karantina.

Akibatnya, berat badanmu naik secara tiba-tiba. Untuk itu, kamu harus mengurangi mengkonsumsi ketiga jenis makanan tersebut dan mulailah mengkonsumsi makanan sehat dan lebih baik makanan yang kamu masak sendiri.


Related Posts