Artikel

5 Makanan Untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

Apa saja makanan untuk mengatasi gangguan pencernaan? Gangguan pencernaan bisa dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Terutama bagi seseorang yang tidak menjaga makanannya atau yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas.

Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak juga berpotensi mengakibatkan seeorang mengalami gangguan pencernaan. Semua orang tentu tidak ingin pencernaan mereka terganggu sehingga perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang efektif menjaga pencernaan anda.

Makanan Sehat Untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Di bawah ini beberapa makanan untuk mencegah gangguan pencernaan yang terbukti ampuh.

1. Apel

Makanan yang menyehatkan dan mampu mengatasi gangguan pencernaan adalah apel. Buah yang satu ini menjadi kegemaran banyak orang. Di dalam apel, terkandung banyak serat larut yang dinamakan pektin. Pektin inilah yang berperan dalam mengatasi gangguan pencernaan yang anda alami.

Beberapa masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus akan dipecah oleh bakteri baik. Dengan begitu, maka resiko peradangan dan juga infeksi usus bisa teratasi.

2. Biji Chia

Di dalam biji chia terkandung beberapa zat seperti mangan, kalsium, fosfor, magnesium, dan beberapa nutrisi penting yang lain. Biji chia bisa menjadi sumber serat yang bagus dan berfungsi sebagai probiotik yang akan memberi makan sehat di dalam usus yang akan berguna membantu pencernaan anda.

3. Yogurt

Makanan untuk mengatasi gangguan pencernaan juga terdapat pada yogurt. Yogurt adalah makanan yang berasal dari susu fermentasi yang sudah tidak dipungkiri lagi manfaat yang terkandung di dalamnya. Ada banyak manfaat dari yogurt yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu untuk melindungi pencernaan.

Yogurt mengandung lactobacillus ynag efektif melindungi pencenaan anda. Salah satu produk yogurt yang kami sarankan adalah YoyiC Yogurt. Yogurt dari YoyiC memang sudah terkenal dimana-mana.

Selain memiliki rasa yang lezat, yogurt dari yoyiC juga memiliki banyak manfaat. Ada beberapa varian yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu YoyiC Fermented Milk Drink, YoyiC Dessert Yogurt, danYoyiC Yogurt Drink. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, tubuh menjadi sehat dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

4. Pepaya

Mengkonsumsi daging berlebihan terkadang membuat orang mengalami sulit buang air besar. Hal ini disebabkann karena protein yang sulit dicerna. Sementara itu, pepaya mengandung enzim papain yang bisa membantu di dalam meluruhkan makanan sehingga membuat pencernaan jadi lancar. Enzim ini juga efektif di dalam mengatasi IBS atau irritable bowel syndrome, misalnya konstipasi dan masalah lambung.

5. Pisang

Selain keempat makanan di atas, pisang juga menjadi buah untuk gangguan pencernaan. Selain digunakan sebagai makanan penutup, pisang juga berfungsi untuk mencegah diare dan juga membantu dalam mengatur pergerakan usus.

Pisang mengandung kadar potasium yang tinggi dan juga elektrolit. Keduanya berfungsi melancarkan pencernaan. Jadi, daging yang anda konsumsi tidak akan terlalu lama berada di dalam perut maupun usus.

Demikian informasi seputar makanan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Selain mengkonsumsi makanan di atas, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan agar kondisi tubuh kita selalu  sehat. Salah satu cara yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi.

Membiasakan diri untuk memakai masker setiap kali beraktivitas di luar rumah juga bisa menjadi solusi terbaik. Rutin berolahraga  dan mencuci tangan juga efektif sebagai tindakan pencegahan agar tubuh tidak mudah terserang virus.

Demikiann informasi yang bisa kami berikan. Semoga kita selalu terhindar dari masalah pencernaan dan gangguan lainnya yang bisa menganggu kondisi kesehatan kita.

 


Related Posts