Artikel

5 Makanan Untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Terutama bagi seseorang yang tidak menjaga pola makananya dan sering mengkonsumsi makanan pedas maupun makanan berlemak. Setidkanya 3 maupun 4 orang terindikasi menderita pencernaan buruk atau dispepsia fungsional.

Salah satu penyebab seseorang menderita masalah pencernaan adalah karena makanan tidak mampu dicerna dengan baik. Salah satu masalahnya karena ada penyakit kandung empedu atau refluks gastroesofagus. Kondisi ini kemudian mengakibatkan seseorang menderita mual, kembung, muntah, atau merasa kenyang ketika sudah makan, rasa sakit yang menyerang dad dan perut.

Permasalahan di atas dapat diatasi ketika membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan. Di bawah ini kami sudah memiliki beberapa makanan untuk mengatasi masalah pencernaan yang bisa menjadi referensimu.

Makanan Untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

1. Apel

Makanan untuk mengatasi masalah pencernaan yang pertama adalah apel. Siapa yang tidak suka apel? Mulai anak-anak sampai orang tua sekali pun pasti pernah mengkonsumsinya. Siapa yang menyangka jika buah yang satu ini jika dikonsumsi mampu menghindarkan kita dari gangguan pencernaan.

Di dalam apel terkandung zat yang bernama pektin. Pektin inilah yang berperan penting untuk melawan masalah pencernaan. Salah satunya adalah sindrom iritasi usus. Selain itu, apel juga merupakan salah satu makanan yang mengandung tinggi serat sehingga sangat pas untuk mengatasi pencernaan.

Mengkonsumsi buah apel secara rutin juga menghindarkan peradangan dan infeksi usus. Kamu bisa langsung memakannya atau bisa menjadikannya jus apel.

2. Pepaya

Selain apel, buah yang mengandung serat yang tinggi adalah pepaya. Di dalam pepaya, terkandung enzim pencernaan yang dinamakan papain. Enzim inilah yang berperan untuk memecah serat protein selama proses pencernaan. Papain juga bermanfaat untuk menurunkan resiko mengalami sembelit atau konstipasi, kembung, dan gejala sindrom iritasi usus yang lainnya.

Kamu bisa mengkonsumsi pepaya setelah makan untuk menghindarkanmu dari gangguan pencernaan. Sama dengan apel, kamu bisa mengkonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi jus pepaya.

3.Salmon 

Makanan untuk mengatasi masalah pencernaan yang ketiga adalah salmon. Kita tahu bahwa makanan yang satu mengandung asam lemak omega 3. Kandungan inilah yang nanti memiliki peran penting untuk mengurangi peradangan pada pencernaan.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 memang penting untuk menghindari gangguan pencernaan. Salah satu makanan tersebut adalah salmon. Mengkonsumsi salmon secara rutin mampu mengurangi resiko masalah pencernaan.

4. Biji-Bijian

Biji-bijian seperti quinoa, soba, gandum, beras merah, dan lain-lain memiliki kandungan berupa bakteri baik dan juga endosperma sehingga membuat biji-bijian lebih bergizi. Biji-bijian tersebut juga mengandung serat membantu menurunkann resiko terkena sembelit.

Jadi, bagi kamu sekarang yang mengalammi masalah pencernaan, maka biji-bijian di atas merupakan solusi alami dan tepat. Konsumsi secara rutin dengan takaran yang pas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Sayuran Hijau

Makanan untuk mengatasi masalah pencernaan yang kelima adalah sayuran hijau. Sayuran hijau agak gelap seperti kubis, brokoli, bayam, maupun sayuran berdaun yang lain adalah sumber serat larut yang bagus.

Mengkonsumsi usus akan memberikan makanan untuk bakteri baik. Bakteri baik inilah yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan semua aktivitasmua dengan lancar.

6. Yogurt

Mengkonsumsi juga membantu menghindarkanmu dari gangguan pencernaan. Yogurt mengandung probiotik yang memiliki manfaat untuk menurunkan gejala iritasi usus atau sindrom iritasi usus, mengurangi kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Ada banyak produk yogurt yang bisa kamu konsumsi. Salah satuya adalah YoyiC Yogurt. Beberapa produk yogurt dari YoyiC untukmu antara lain: YoyiC Fermented Milk Drink, YoyiC Dessert Yogurt, dan YoyiC Yogurt Drink.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Jangan lupa selalu memakai masker setiap keluar rumah dan rutin berolahraga untuk semakin membuat kesehatanmu selalu terjaga.


Related Posts