Artikel

6 Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Kamu

Apa saja manfaat yogurt untuk kesehatan? Yogurt mempunyai rasa yang khas karena disebabkan oleh proses fermentasi. Selain terkenal karena memiliki rasa yang khas, ternyata yogurt juga terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Tidak sedikit bukti yang menunjukkan bahwa kandungan di dalam yogurt dapat menyehatkan tubuh.

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang apa saja manfaat yogurt untuk kesehatan. Setelah ini mungkin kamu bisa mulai menjadikan yogurt sebagai cemilan di kala santai.

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat yogurt yang pertama harus kamu tahu adalah mampu menghindarkan Anda dari masalah pencernaan. Di dalam yogurt terdapat bakteri baik yaitu lactobacillus acidophilus dan juga bifidobacterium. Kedua bakteri ini yang berperan dalam melawan  H. pyloru yang merupakan bakteri penyebab gangguan pencernaan.

Oleh sebab itu, kamu bisa membiasakan diri mengkonsumsi yogurt. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan dapat diatasi. kamu pun bisa menjalankan aktivitas sehari-hari degnan normal.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kedua yaitu fungsi otak akan meningkat. Probiotik yang terdapat di dalamnya berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif serta menjaga suasana hati. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of California, Los Angeles, menunjukkan bahwa yogurt mengandung kalium yang tinggi.

Kalium inilah yang menjadi salah satu mineral untuk membantu menjaga kesehatan otak. Dengan begitu, kemampuan otak tetap terjaga meskipun mungkin usia kamu sudah cukup tua.

3. Menjaga Tekanan Darah Agar Stabil

Manfaat lain yang juga bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi yogurt adalah tekanan darah menjadi stabil. Kadar kalium yang cukup tinggi membuatnya mampu menstabilkan tekanan darah serta menyehatkan jantung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Alvaro Alonso yang berasal dari Harvard School of Public Health membuktikan jika resiko hipertensi bisa ditekan hingga mencapai 50 persen hanya dengan mengkonsumsi tiga prosi yogurt setiap harinya.

Hal ini tidak lepas dari kadar kalium pada yogurt yang memang cukup tinggi. Kalium inilah yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Jadi, mengkonsumsi yogurt secara rutin bisa membuatmu terhindar dari tekanan darah tinggi. Selain itu, kesehatan jantungmu juga akan terjaga.

4. Memperkuat Tulang

Manfaat yogurt untuk kesehatan yang juga harus kamu tahu adalah kemampuannya yang mampu menjaga kesehatan tulang. Dikarenakan berasal dari fermentasi susu, membuat yogurt mengandung kalsium yang tinggi dan cukup memenuhi kebutuhan kalsium.

Kalsium mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, yogurt juga mengandung vitamin D yang memnbuat tubuh mampu menyerap kalsium dengan lebih baik. Belum lagi dengan kandungan asam laktat di dalamnya yang bermanfaat melindungi gusi agar tidak terkena infeksi.

5. Menstabilkan Berat Badan

Bagi kamu yang sekarang dalam proses menurunkan berat badan, kamu bisa menjadikan yogurt sebagai cemilan wajib di kala santai. Yogurt memiliki sifat mengenyangkan, tinggi protein, namun rendah kalori. Kandungan kalsium, protein, dan probiotik di dalamnya dapat memicu produksi dari hormon antilapar.

Beberapa hormin antilapar tersebut seperti peptide YY dan GLP-1. Jadi, nafsu makan akan ditekan dan yogurt pun akan memberikan rasa kenyang dalam waktu lama. Jadi, kamu tidak perlu terus-terusan makan.

6. Penghilang Bau Mulut

Mungkin banyak yang belum tahu jika yogurt mampu menghilangkan bau mulut. Dokter Robert Meltzer yang merupakan spesiaslis pencernaan dari Lenox Hill Hospital, New York City menjelaskan jika probiotik dalam yogurt mampu menetralkan asam yang ada di kerongkongan dan tenggorokan belakang.

Jadi, yogurt mampu menghilangkan bau mulut yang dikarenakan kondisi gastrologi, misalnya asam refluks. Akan tetapi, yogurt tidak bisa menghilangkan bau nafas yang diakibatkan oleh bakteri dalam mulut, penyakit paru-paru, maupun kerusakan hati.


Related Posts