Artikel

5 Minuman Dengan Campuran Susu Fermentasi Untuk Kesehatan Anda

minuman dengan campuran susu fermentasi.

Kali ini kami akan membagikan informasi penting tentang apa saja minuman dengan campuran susu fermentasi yang baik untuk kesehatan.  Kita tahu bahwa susu fermentasi adalah salah satu produk yang berasal dari olahan susu. Produk tersebut didapatkan melalui proses fermentasi yang dilakukan oleh mikroogranisme tertentu yang kemudian menghasilkan susu asam.

Fermentasi yang dilakukan tersebut kemudian mengubah laktosa yang ada di dalam susu menjadi asam laktat. Meskipun begitu, ada beberapa jenis susu fermentasi yang juga memanfaatkan alkohol. Berikut ini kami sudah memiliki informasi menarik tentang apa saja produk minuman dengan campuran susu fermentasi yang kami sarankan demi kesehatan anda.

1. Yoghurt

Cara membuat yoghurt adalah dengan memasukkan bakteri khusus di dalam susu yang sudah diatur kondisi dan temperaturnya. Bakteri tersebut bekerja dengan merombak gula dan kemudian melepaskan asam laktat yang berperan sebagai produk sisa.

Tingkat keasaman yang meningkat  berdampak pada protein susu yang berbentuk padat. Keasaman yang meningkat inilah (pH=4-5) yang menyebabkan produk tersebut terhindar dari proliferasi bakteri patogen.

2. Yakult

Mungkin anda sudah tidak asing lagi karena produk ini kerap muncul di layar televisi. Yakult merupakan minuman dengan campuran susu fermentasi  yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Produk ini berhasil ditemukan oleh Dr. Shirota sekitar tahun 1930.

Cara membuat yakult adalah memfermentas susu bubuk yang di dalamnya mengandung bakteri asam laktat atau Lactobacillus casei Shirota strain. Produk ini sangat laris dan bahkan menjadi salah satu produk susu fermentasi favorit masyarakat.

3. Susu Asidofilus

Susu ini berasal dari bakteri yang bernama Lactobacillus acidophilus. Fungsi utama dari bakteri tersebut adalah menghasilkan asam laktat yang merupakan salah satu bakteri yang bersifat toleran terhadap asam. Dengan begitu, maka kandungan asam laktat yang terdapat di dalam susu bisa semaki tinggi yakni sekitar 1 sampai 2% jika produk tersebut malah disimpan di dalam tempat yang tidak sesuai.

Namun, perubahan rasa dan juga jumlah bakteri yang hidup bisa menurun secara drastis. Untuk mengatasi masalah ini, maka perlu dilakukan penggabungan susu plain dan juga konsentrasi rendah pada kultur bakteri.

4. Kefir

Kefir merupakan produk yang berasal dari pegununan kaukasia yang terkenal sangat dingin. Susu segar merupakan bahan pembuatan utama produk ini yang man cara kerjanya dengan memanfaatkan bantuan beberapa mikroogranisme, seperti Lactobacillus kefir, Lactococcus, serta Acetobacter.

Kefir juga melibatkan beberapa ragi seperti Kluyveromyces marxianus, Saccharomyces cerevisiae, Saccharomyces unisporus, dan juga Saccharomyces exiguus.

5. Koumiss

Minuman dengan campuran susu fermentasi yang terakhir kami jelaskan adalah koumiss. Sebenarnya produk ini memiliki beberapa persamaan dengan kefir yakni produk susu asam yang mengandung alkohol. Koumiss berasal dari susu kuda yang difungsikan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi TBC atau tuberkolosis.


Related Posts