Artikel

6 Santapan Agar Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

Puasa membuat berat badanmu bertambah? Sebenarya ada beberapa santapan yang bisa membuatmu kenyang dalam waktu yang lama. Mengkonsumsi makanan tersebut tentunya akan memnbuat badanmu tidak mudah lepas sehingga kamu bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan tanpa gangguan.

Namun, kamu harus pandai memilih makanan apa saja yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Meskipun begitu, bukan berarti makanan yang kamu pilih malah semakin membuat berat badanmu naik. Padahal sala satu tujuanmu berpuasa juga untuk menurunkan berat badan.

Apa Saja Santapan Terbaik untuk Kenyang Lebih Lama Selama Puasa?

Berikut ini kami sudah merangkum informasi penting seputar beberapa makanan yang bisa membuatmu kenyang dalam waktu lebih lama. Jadi, meskipun kamu sedang berpuasa dan memiliki kegiatan yang cukup padat, namun staminamu tetap terjaga.

1. Telur

Makanan pertama yang bisa menjadi pilihan terbaikmu adalah telur. Mengkonsumsi telur ketika sahur bukan hanya untuk memberikan sumber protein, melainkan telur mengandung nol karbohidrat. Di sisi lain, telur mengandung kadar kolin yang tinggi yang dapat membantu proses metabolisme lemak dalam tubuh.

Cukup konsumsi satu sampai dengan dua kuning telur ketika sahur. Hal ini bertujuan untuk menambah kalori. Jika kamu ingin mendapatkan kalori yang lebih banyak, kamu juga bisa sekalian mengkonsumsi putih telur.

2. Quinoa

Jika sebelumnya kamu kerap mengkonsumsi nasi, maka untuk diet sehatmu bisa kamu ganti dengan quinoa. Di dalam satu cangkir quinoa, mengandung setidaknya 8 gram protein dan juga mengandung sekitar 2,5 gram serat. Serat inilah yang nanti akan diolah tubuh sehingga mampu memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama.

Manfaat quinoa bukan hanya itu saja. Quinoa juga bermanfaat mengurangi kadar gula darah sehingga berat badan pun akan perlahan menurun. Hal ini sesuai dengan keterangan yang disampaikan oleh peneliti yang beraslal dari The American Society for Nutritional Sciences.

3. Buah Berry

Suka ngemil? Sekarang kamu harus mengganti cemilanmu dengan buah berry. Buah berry mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Kamu bisa mengkonsumsinya selama 2 sampai dengan 3 kali sehari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Washington State University, hasilnya menunjukkan jika buah berry mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Rasa manis yang dimiliki buah berry juga mampu memenuhi hasratmu yang ingin makan gula. Di dalam buah berry juga mengandung antioksidan resveratrol. Zat inilah yang berperan dalam mengubah lemak putih yang berlebih menjadi lemak untuk pembakaran kalori.

4. Brokoli

Santapan agar kenyang lebih lama saat puasa adalah dengan mengkonsumsi brokoli. Brokoli termasuk salah satu sayuran rendah kalori namun mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat inlah yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa menambahkannnya pada sup salad, sandwich, maupun omelet.

5. Bayam

Selain brokoli, ternyata bayam juga direkomendasikan untuk kamu yang sedang diet. Selain itu, bayam juga mampu membuat tubuhmu lebih berenergi sehingga tidak muda capek. Mungkin kamu sudah tahu bahwa bayam mengandung vitamin A, B, C, dan K.  Selain itu, bayam juga mengandung folat, mangan, dan magnesium yang sangat berguna untuk tubuhmu.

6. Alpukat

Makanan terakhir yang pas untuk memberikan rasa kenyang dalam waktu lama adalah alpukat. Di dalam alpukat terdapat lemak tak jenuh tunggal dan omega-3.  Kandungan inilah yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Berdasarkan hasil penelitian dari Loma Linda University, kamu cukup mengkonsumsi setengah alpukat saja sudah bisa mengurangi hasratmu untuk makan.

Demikan beberapa rekomendasi santapan agar kenyang lebih lama. Sebagai pelengkap, jangan lupa menyediakan yoyiC. Ada beberapa rekomendasi produk yoyiC terbaik seperti yoyiC Yogurt Drink, YoyiC Fermented Milk Drink, dan YoyiC Dessert Yogurt.


Related Posts