Artikel

Sejarah Yogurt, Susu Fegermentasi yang Menyehatkan

Apa anda termasuk salah satu pecinta yogurt? Produk susu fermentasi ini memiliki rasa manis dan asam serta menjadi salah satu minuman favorit mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Ada banyak manfaat yang memang kita bisa ambil dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin. Sebenarnya yogurt memiliki nama yang berbeda-beda di setiap negara.

Sebut saja zabady di Mesir, cieddu di Italia, dahee di India, filmjok di Skandinavia, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki nama yang berbeda namun yoghurt tetap memiliki bentuk dan rasa yang sama.

Mengenal Sejarah Yogurt

Kali ini kami akan memberikan ulasan yang menarik kepada anda, khususnya untuk para pecinta yogurt. Informasi yang kami bagikan ini adalah berkaitan dengan sejarah yogurt sebagai salah satu minuman fermentasi yang menyehatkan bukan hanya untuk kesehatan tubuh melainkan juga untuk kesehatan kulit wajah.

1. Penggunaan yogurt pada masa lampau

Di India, yogurt telah menjadi salah satu minuman yang dipercaya untuk mengatasi sakit perut. Namun sebelumya sekitar beberapa abad sebelumya para wanita Persia juga telah menjadikan yogurt sebagai masker wajah yang berguna untuk menghilangkan keriput sehingga membuat mereka tampak lebih awet muda.

Meskipun kebenaran yogurt untuk kesehatan wajah masih belum terbukti secara ilmiah, akan tetapi khasiatnya memang sudah dirasakan oleh banyak orang. Hal ini terbukti dengan wajah mereka yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya dan kulit keriput pun bisa memudar.

2. Penelitian tentang yogurt

Kemudian, sekitar abad ke 19 mulailah beberapa orang melakukan penelitian untuk mengetahui apa benar yogurt mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Seorang ilmuan yang memulai penelitian ini adalah Ilya Metchnikkoff yang berasal dari Rusia.

Ilmuan yang bekerja di Institut Pasteur, Pris tersebut berhasil menemukan sebuah bukti bahwa masyarakat yang berasal dari Bulgaria memiliki kebiasaan minum yogurt sehingga membuat kondisi tubuh mereka masih segar dan sehat padahal usianya sudah tua.

3. Mengetahui manfaat yogurt

Sejak bukti atau fakta yang ditemukan tersebut maka kemudian para ilmuan semakin memperdalam penelitian terhadap yogurt. Hingga akhirnya mereka berhasil menemukan bahwa yogurt mengandung bakteri baik yaitu bakteri asam laktat yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kerja enzim galaktosidase.

Dengan adanya bakteri inilah yang kemudian banyak orang mengkonsumsi yoghurt untuk meredakan masalah pencernaan. Selain itu, bakteri asam laktat juga bermanfaat dalam meningkatkan asupan makanan dan juga kualitas nutrisi.

Belum lagi manfaat lain yang bisa diperoleh ketika rutin mengkonsumsi yogurt seperti menurunkan kolesterol, mengatasi diare, sampai digunakan untuk mencegah diare. Berbagai manfaat yang terkandung di dalam yoghurt tersebut kemudian menyebar luas ke seluruh dunia.

Masyarakat di seluruh dunia pun bahkan menjadikan yogurt sebagai menu favorit mereka. Selain itu, ternyata yogurt juga cocok untuk seseorang yang diet karena mampu memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.


Related Posts