Artikel

5 Tips Belajar Maksimal Di Rumah Agar Tidak Bosan

Kali ini kami akan membahas seputar beberapa tips belajar maksimal di rumah di tengah pandemi Corona. Meskipun pemerintah mengharuskan agar semua kegiatan agar dilakukan di dalam rumah, namun hal ini seharusnya tidak membuat semangat dan kualitas belajar kamu menurun.

Kamu masih bisa belajar secara maksimal di rumah. Belajar di rumah tetap bisa memberikan suasana yang menyenangkan. Lalu apa saja tips belajar maksimal di rumah? Berikut ini kami akan memberikann infomrasinya khusus untuk kamu semua.

1. Menyiapkan Tempat Belajar yang Nyaman

Tips belajar maksimal di rumah bisa kamu mulai dengan menyiapkan tempat belajar yang nyaman. Tips ini merupakan hal yang paling dasar yang tidak boleh kamu lupakan dan bahkan harus menjadi prioritasmu. Mengapa? Karena tempat belajar akan berpengaruh terhadap kenyamanan belajarmu.

Ada yang berpendapat bahwa belajar sambil rebahan membuat kita nyaman. Padahal belajar dengan posisi rebahan malah akan membuat badanmu pegal. Selain itu, kebiasaan ini juga semakin lama akan menurunkan tingkat konsentrasimu. Malah kamu bisa ketiduran ketika belajar sambil tiduran.

Kamu harus menyiapkan tempat duduk dan usahakan tempat dudukmu memiliki sandaran berupa bantalan busa yang nyaman. Siapkan juga meja dengan posisi yang tidak terlalu rendah serta tinggi dari tempat dudukmu. Jangan lupa pastikan ruanganmu memiliki pencahayaan yang maksimal.

2. Siapkan Peralatan Belajar

Jika kamu sudah menyiapkan tempat belajar yang nyaman, maka langkah yang kedua adalah dengan menyiapkan peralatan belajar yang kamu perlukan. Dengan menyiapkan alat-alat tersebut, maka belajarmu menjadi lebih mudah.

Namun perlu diingat bahwa kamu hanya perlu menyiapkan peralatan yang memang kamu butuhkan. Jangan menyiapkan semua peralatan yang sebenarnya tidak kamu gunakan.

3. Pastikan Memiliki Koneksi Internet

Dikarenakan belajar di rumah juga memerlukan koneksi internet, maka tips belajar maksimal di rumah yang ketiga ini jangan sampai kamu lupakan. Biasanya kamu akan diminta untuk menggunakan beberapa aplikasi seperti Zoom, Google Classroom, Edmodo, dan lain sebagainya. Untuk bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memerlukan koneksi internet.

Jadi, pastikan smartphone atau laptopmu sudah terkoneksi dengan internet. Internet yang dibutuhkan juga harus stabil agar selama belajar kamu tidak mengalami gangguan koneksi.

4. Siapkan Cemilan

Belajar di rumah terkadang terasa kurang jika di samping kita tidak ada cemilan. Belajar di rumah malah tidak terasa membuat staminamu mudah terkuras sehingga perlu menyediakan cemilan. Namun bukan sembarang cemilan yang boleh kamu konsumsi.

Pastikan cemilan tersebut mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubumu. Salah satunya adalah denan menyiapkan yoyiC yogurt. Ada beberapa kandungan bermanfaat yang ada pada yoyiC yogurt yang bermanfaat untuk kesehatanmu.

Salah satunya adalah lactobacullus. Lactobacillus di dalam yogurt menjagamu agar tidak mengalami masalah pencernaan. Selain itu, masih ada asam laktat yang dapat membuat kulitmu terasa lembut, halus, bersih, dan tidak kering.  Kamu juga bisa menyiapkan cemilan yang lainnya. Intinya, apapun cemilanmu, imbangi  aja dengan yoyiC yogurt.

5. Jauhkan Benda yang Menggangu Konsentrasimu

Tips belajar maksimal di rumah yang terakhir adalah dengan menjauhkan benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasimu. Jauhi benda-benda seperti televisi, mainan, dan bahkan smartphone. Tidak jarang kita malah lebih fokus bermain hp dibandingkan fokus belajar.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan. Meskipun kita harus menjalankan semua kegiatan di rumah, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi serta menjaga kesehatanmu dengan mencuci tangan. Jangan lupa memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan. Yang tidak kalah penting yaitu kamu harus rutin berolahraga.


Related Posts