Artikel

10 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar Dari Penyakit

Apa kamu ingin punya tubuh sehat? Memiliki tubuh yang sehat sudah pasti impian semua orang. Dengan tubuh yang sehat maka kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Untuk itu, mulai sekarang kamu membiasakan diri hidup sehat.

Di bawah ini kami akan membagikan 10 cara menjaga tubuh sehat agar tubuhmu terhindar dari penyakit. Maka dari itu, simak penjelasan kami di bawah ini:

1. Konsumsi sayuran hijau

Sudah dari dulu sayuran hijau merupakan makanan yang harus kamu konsumsi agar memiliki tubuh yang sehat. Kandungan vitamin dan berbagai macam kandungan zat bermanfaat lainnya sangat dianjurkan oleh dokter untuk membuat tubuhmu selalu prima dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Beberapa sayur hijau yang bisa kamu konsumsi antara lain: kembang kol, brokoli, dan juga kol dapat mengirimkan sinyal ke dalam tubuh sehingga meningkatkan produksi protein yang ada di permukaan sel.

2. Vitamin D

Mengkonsumsi vitamin D juga merupakan cara terbaik yang harus kamu lakukan untuk menghindarkan tubuhmu dari berbagai macam penyakit. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D antara lain: jamur, kuning telur, ikan salmon, hati sapi, ikan tuna.

Selain itu, kamu juga bisa membeli suplemen vitamin D serta pilihlah suplemen yang mengandung D3 karena bermanfaat meningkatkan vitamin D yang ada di dalam darah.

3. Berolahraga rutin

Tidak bisa kita pungkiri bahwa berolahraga merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan. Bahkan orang yang tidak rutin berolahraga berpotensi menderita berbagai macam penyakit. Sudah banyak penelitian yang telah membutkikan bahwa berolahraga rutin mampu menghindarkan dari berbagai penyakit seperti stroke, stres, mempercepat peredaran darah, dan lain sebagainya.

4. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi yang dinamakan flavonoid. Dengan begitu, mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan tekanan darah serta terhindar dari penyakit kardiovaskuler.

5. Istirahat yang cukup

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kamu bisa melakukannya dengan istirahat yang banyak. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan tidur minimal 8 jam dalam kurun waktu 2 minggu membuat tubuh menjadi lebih kebal dari bakteri, virus, dan juga kuman.

6. Mengurangi stres

Ketika seseorang stres, maka kekebalan tubuh pun juga akan menurun. Akibatnya seseorang lebih mudah terserang penyakit. Maka dari itu kamu harus pandai mengelola stres kamu. Caranya bagaimana? Kamu harus membiasakan diri untuk mediasi agar supaya stresmu bisa terkendali.

7. Bersosialisasi

Apakah kamu pernah tahu bahwa bersosialisasi juga bisa menghindarkanmu dari penyakit? Biasanya penyakit timbul dari rasa kesepian yang dialami seseorang. Dengan bersosialisasi, maka seseorang bisa sembuh dari penyakit jantung. Selain itu, sosialisasi juga mampu menghilangkan stres.

8. Menjaga kebersihan

Meskipun kamu sering mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, namun hall lain yang juga harus kamu perhatikan adalah kamu harus membiasakan diri juga untuk menjaga kebersihan badanmu. Bukan hanya badan melainkan juga kebersihan lingkungan sekitar.

Beberapa yang bisa kamu lakukan adalah mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan mulut, dan lain-lain.

9. Mengkonsumsi probiotik

Cara menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit juga kamu lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Salah satu makanan tersebut adalah yogurt. Yogurt mengandung probiotik yang berguna menurunkan stres. Probiotik juga menghindarkanmu dari beberapa masalah pencernaan.

10. Menghindari alkohol

Cara terakhir yang membantu membuat tubuhmu terhindar dari penyakit adalah menghindari alkohol. Alkohol menimbulkan beragam penyakit, khususnya untu organ seperti paru-paru, jantung, maupun hati.


Related Posts