Artikel

6 Manfaat Makan Yogurt Untuk Ibu Hamil

Apa saja manfaat makan yogurt untuk ibu hamil? Yogurt memiliki rasa khas yang asam dan menyegarkan. Namun apakah anda tahu selain rasanya yang nikmat, ternyata yogurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Yogurt adalah hasil olahan susu yang berasal dari bakteri fermentasi.

Proses fermentasi inilah yang membuat yogurt memiliki rasa serta tekstur yang unik. Kandungan yang ada di dalam yogurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Ibu hamil harus selalu berada dalam kondisi terbaiknya.

Jangan sampai ibu hamil kesehatannya terganggu karena bisa memberikan dampak pada bayi yang dikandungnya. Di bawah ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal manfaat makan yogurt untuk ibu hamil.

1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Di dalam yogurt, terkandung banyak nutrisi seperti vitamin B12, vitamin B, kalium, magnesium, dan yogurt. Mengkonsumsi yogurt secara rutin sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari. Yogurt mengandung kadar kalsium yang tinggi sehingga sangat direkomendasikan bagi ibu hamil.

Kalsium sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang dan gigi bayi. Disarankan untuk mengkonsumsi yogurt rendah lemak atauĀ low fat karena kandungan kalsiumnya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu.

2. Menurunkan Resiko Komplikasi

Manfaat makan yogurt untuk ibu hamil adalah menurunkan resiko mengalami komplikasi. Beberapa resiko komplikasi yang berpotensi dialami selama masa kehamilan antara lain: preeklamsia, diabetes gestasional, alergi, infeksi vagina, dan lain sebagainya.

Hal ini karena yogurt mengandung probiotik. Maka dari itu, ibu hamil memang disarankan mengkonsumsi yogurt secara rutin agar bisa terhindar dari masalah komplikasi yang bisa dialami.

3. Mengurangi Konstipasi

Kandungan probiotik yang ada di dalam yogurt juga bermanfaat untuk mengurangi resiko sembeli atau konstipasi. Selain itu, kandunganĀ lactobacillus pada yogurt juga bermanfaat menghindarkan ibu hamil dari berbagai masalah pencernaan yang bisa dialami.

4. Menstabilkan Berat Badan

Manfaat makan yogurt untuk ibu hamil yang keempat adalah untuk menstabilkan berat badan. Secara umum, berat badan akan naik antara 11 sampai 16 kg. Ibu hamil yang berat badannya di bawah rata-rata bisa meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

Sebenarnya merupakan hal yang wajar ketika ibu hamil berat badannya naik. Akan tetapi, tetap saja berat badan ibu hamil juga harus dikontrol agar tidak sampai menimbulkan kondisi yang tidak diinginkan. Maka dari itu, disarankan untuk mengkonsumsi yogurt rendah lemak agar berat badannya bisa stabil.

5. Mencegah Cacat Tabung Syaraf

Manfaat kelima ketika membiasakan diri mengkonsumsi yogurt adalah mencegah agar tidak terjadi cacat tabung syaraf. Kondisi ini disebabkan oleh ibu hamil kekurangan asupan folat untuk trisemester pertama. Yogurt mengandung kadar asam folat yang cukup tinggi. 1 cup saja mengandung sekitar 18 mcg folat.

6. Memenuhi Kebutuhan Omega-3

Omega-3 merupakan salah satu jenis lemak esensil untuk tubuh, terutama untuk ibu hamil. Tubuh tidak memiliki kemampuan memproduksi omega-3 sehingga anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung omega-3, seperti yogurt.

Kandungan omega-3 pada yogurt bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan juga pembentukan jaringan pada janin. Omega-3 bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf, bagian otak, mata, dan juga menghindarkan dari resiko penyakit jantung.


Related Posts