Artikel

7 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil, Bisa Atasi Mual dan Muntah

Sudah bukan rahasia lagi jika yogurt menjadi salah satu makanan yang menyehatkan. Kandungan berbagai macam zat yang bermanfaat di dalam yogurt telah banyak memberikan hasil positif dimana tubuh kita menjadi lebih sehat dan daya tahan tubuh juga semakin kuat. Selain itu manfaat yogurt juga bisa anda rasakan untuk membuat kulit anda lebih mulus.

Yogurt memang mengandung beberapa zat yang bermanfaat untuk membuat kulit anda lebih bersih, tidak kering, dan terlihat awet muda. Karena yogurt selalu dikonsumsi dan menjadi makanan favorit untuk segala usia, kemudian timbul pertanyaan. Apakah yogurt aman untuk ibu hamil?

Apakah yogurt aman untuk ibu hamil?

Mengkonsumsi yogurt untuk ibu hamil memang dianjurkan. Hanya saja dalam mengkonsumsinya juga harus memperhatikan kadar atau batas maksimal. Artinya, meskipun yogurt bermanfaat bagi ibu hamil namun tidak boleh mengkonsumsi yogurt secara berlebihan. Beberapa manfaat yogurt untuk ibu antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai sumber kalsium

Di dalam yogurt terkandung kalsium yang cukup tinggi yakni kurang lebih 256 mg kalsium dalam satu cup yogurt. Kalsium sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan juga janin karena bermanfaat untuk proses pembentukan tulang dan membuat tulang menjadi kuat.

Ibu hamil yang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium bisa menyebabkan masalah pada kesehatan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam yogurt sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan janin.

2. Sumber pribiotik

Selain mengandung kalsium, yogurt juga ternyata mengandung probiotik yang membantu melancarkan pencernaan. Terkadang ibu hamil mengalami masalah pencernaan sehingga ia butuh yogurt sebagai salah satu solusinya. Selain itu, manfaat probiotik di dalam yogurt adalah untuk perkembangan syaraf bayi.

Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi yogurt selama masa kehamilan agar supaya terhindar dari gangguan pencernaan. Bayi yang dikandung pun juga tidak tidak mengalami gangguan saraf.

3. Meningkatkan asupan protein

Ibu hamil juga memerlukan protein yang tinggi karena digunakan sebagai sumber tenaga. Banyak ibu hamil yang lemas dan malas melakukan apapun selama masa kehamilan. Maka dari itu, untuk mengembalikan kondisinya, disarankan untuk mengkonsumsi yogurt.

4. Mencegah gangguan saraf

Gizi yang kurang tercukupi berpotensi menyebabkan gangguan tabung saraf. Tentu semua ibu tidak menginginkan hal ini sehingga untuk mengatasinya mereka disarankan mengkonsumsi yogurt secara rutin. Kandungan asam folat yang tinggi akan mencegah gangguan saraf dan motorik pada bayi.

5. Asupan vitamin D

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi yogurt. Fungsi vitamin D adalah menyerap kalsium yang nanti bermanfaat untuk pertumbuhan tulang serta gigi. Vitamin D yang terkandung dalam 1 cup yogurt kurang lebih 5 IU.

6. Untuk kebutuhan omega-3

Omega-3 adalah lemak esensial yang diperlukan tubuh. Akan tetapi, tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksinya sehingga tubuh memerlukan asupan omega-3. Dengan memenuhi kebutuhan omega-3, maka bayi bisa terhindar dari gangguan sistem saraf, dan penyakit jantung.

7. Menjaga usus agar tetap sehat

Masalah kesehatan usus juga menjadi salah satu yang dikeluhkan ibu hamil. Maka dari itu, yogurt bisa digunakan sebagai solusi untuk membantu menghindarkan ibu hamil dari gangguan usus sehingga tidak sampai mengalami sembelit.


Related Posts