Artikel

Apa Manfaat Susu Fermentasi? Inilah 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Sebenarnya untuk manfaat susu fermentasi tergantung pada kandungan priboitiknya. Pribiotik adalah zat yang memiliki peran penting untuk meningkatkan jumlah bakteri baik yang terdapat di dalam saluran pencernaan yang kemudian memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga daya tahan tubuh.

Salah satu susu fermentasi yang mungkin sudah banyak orang mengkonsumsinya adlah yogurt. Namun memang masih ada beberapa produk susu fermentasi yang lainnya yang juga cukup terkenal. Adapun mengetahui manfaat susu fermentasi untuk kesehatan adalah solusi terbaik bagi anda yang mungkin kerap mengalami gangguan pencernaan.

Perlu anda tahu bahwa biasanya susu fermentasi mengandung bakteri bakteri seperti lactobacillus maupun bifidobacteria. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan yang lebih lengkap seputar manfaat yang bisa anda peroleh dari susu fermentasi.

1. Menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat

Seperti  yang telah kami jelaskan bahwa susu fermentasi bermanfaat untuk menjaga pencernaan anda agar tetap sehat. Hal ini karena kandungan probiotik yang nanti mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik dan kemudian akan menekan bakteri jahat. Maka dari itu, saluran pencernaan anda akan tetap sehat dan anda bisa terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan.

2. Mengurangi rancun

Manfaat yang kedua ketika anda mengkonsumsi susu fermentasi adaah ia bisa membantu mengurangi racun yang ada di dalam tubuh. Mikroba yang ada pada susu fermentasi inilah yang nanti akan menghasilkan asam organik, karbodioksida, hidrogen perioksida, dan juga acidolin yang memiliki sifat antimikroba.

Bakteri inilah yang kemudian akan mengikat senyawa racun yang berasal dari hasil pembakaran lemak dan juga protein maupun juga hasil dari pemechan sebuah enzim. Dengan begitu, maka tugas hati akan lebih ringan sehingga racun dalam tubuh anda pun juga bisa semakin lama semakin berkurang.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Dengan mengkonsumsi susu fermentasi, maka daya tahan tubuh anda akan meningkat. Seringkali orang terserang berbagai penyakit dikarenakan daya tahan tubuhnya menurun. Maka dari itu, perlu mengkonsumsi susu fermentasi untuk membantu mengembalikan daya tahan tubuhnya. Dengan begitu, orang yang mengkonsumsi akan memiliki daya tahan tubuh kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat susu fermentasi juga bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Jadi, seseorang yang terindikasi menderita penyakit kolesterol sudah tentu disarankan untuk mengkonsumsi susu fermentasi, seperti yogurt. Manfaat yogurt untuk menurunkan kadar kolesterol juga sudah tidak perlu diragukan lagi.

5. Mengatasi diare

Masalah pencernaan yang satu ini sangat dihindari oleh semua orang. Mengapa? Ketika seseorang sudah terkena diare, maka semua aktivitasnya akan langsung terbengkalai. Untuk mengatasi hal tersebut, maka disarankan mengkonsumsi susu fermentasi. Kandungan asam laktat maupun asam asetat di dalamnya dapat mengatasi diare karena virus atau bakteri.


Related Posts