Artikel

5 Cara Menjaga Imunitas Tubuh yang Efektif

Bagaimana cara menjaga imunitas tubuh untuk melawan Corona? Virus corona sudah menjalar ke semua negara yang ada di dunia. Sudah banyak tindakan yang lakukan baik untuk mencegah maupun mengobati virus tersebut. Beberapa upaya pencegahan yang disarankan adalah rajin mencuci tangan, memakai masker ketika keluar rumah dan bediam diri di rumah.

Selain tindakan pencegahan tersebut, masih ada yang juga harus kamu lakukan yaitu menjaga agar imunitas tubuhmu selalu dalam kondisi yang bagus. Ketika daya tahan tubuh seseorang menurun, dia akan rentan terkena beragam penyakit yang bisa menyerang kapan saja, salah satunya Covid-19.

Bagaimana Cara Menjaag Imunitas Tubuh yang Mudah dan Efektif?

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga imunitas tubuhmu. Meskipun terbilang sepele, namun melakukan hal tersebut memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatanmu.

1. Cukup Tidur

Cara menjaga imunitas tubuh yang pertama yaitu dengan meluangkan waktumu untuk tidur. Tidur memang erat kaitannya dengan sistem imun. Seseorang yang memiliki waktu tidur yang cukup membuatnya memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Sementara itu, ketika seseorang malah kurang tidur maka bisa berakibat sistem imunnya menurun. Bahkan bisa berpotensi menyebabkan infeksi patogen. Pada saat tidur, tubuh akan melepaskan sejenis protein yang dinamakan sitokin.

Adapun waktu tidur yang disarankan dan sesuai anjuran medis adalah 7 sampai dengan 9 jam. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari , National Sleep Foundation. Jadi, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat juga merupakan bagian dari menjaga imunitas tubuh. Apalagi sekarang kegiatanmu mungkin lebih banyakd dihabiskan di dalam rumah sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk mencari dan mengkonsumsi makanan sehat.

Pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu, seperti vitamin, protein, mineral, sampai dengan molekul antioksidan.

3. Mengkonsumsi Multivitamin

Selain mengkonsumsi makanan sehat, cara menjaga imunitas tubuh yang juga harus kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi multivitamin. Sebenarnya, mengkonsumsi multivitamin diperlukan jika kamu merasa tidak sanggup memperoleh nutrisi dari makanan sehat.

Dengan mengkonsumsi multivitamin, maka daya tahan tubuhmu akan meningkat dan tetap terjaga sehingga kamu tidak rentan terkena penyakit. Akan tetapi, kami menyarankan agar kamu berkonsultasi dengan dokter tentang suplemen vitamin yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuhmu. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan dari suplemen tersebut.

4. Rajin Berolahraga

Meluangkan waktu yang cukup untuk berolahraga mampu membantu di dalam proses regenerasi sel dan juga mengurangi resiko mengalami peradangan tubuh. Di dalam menjaga kondisi fisik memang perlu melakukan aktivitas fisik.

Kamu harus meluangkan waktu untuk berolahraga di rumah. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk menjaga imunitas tubuh. Kamu bisa mempelajari beberapa tips olahraga di rumah saat pandemi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

5. Jangan Stress

Beberapa orang mungkin tidak menyadari ketika kebanyakan stress maka bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Stress yang berlebihan berdampak pada ketidakseimbangan fungsi pada sel imun dan juga berpotensi mengakibatkan peradangan.

Jadi, kamu harus bisa mengontrol stressmu dan jika perlu jangan sampai stress. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stress seperti bermeditasi, melakukan berbagai kegiatan positif, olahraga, dan mendekatkan diri kepada Tuhan.


Related Posts