Artikel

Ini yang Harus Kamu Siapkan Untuk Sekolah Di Masa New Normal

Saat ini, hidup bersama Covid-19 merupakan sebuah realita yang tidak dapat ditolak. Mau tidak mau masyarakat Indonesia harus menerima hal itu. Tidak peduli jenis kelamin, usia, agama, budaya, mereka harus mulai membiasakan diri untuk hidup berdampingan dengan virus yang sudah menjangkit ribuan atau mungkin jutaan orang di seluruh dunia.

Sampai sekarang sepertinya tidak ada tanda-tanda virus ini mengalami penurunan. Berbagai prediksi memang sudah dilakukan namun ternyata masih belum ada titik positif yang menunjukkan kapan virus ini benar-benar akan berakhir.

Di sisi lain, kondisi ekonomi masyarakat semakin mengkhawatirkan. Akibatnya, maraknya kekerasan dan pencurian yang bermula dari faktor ekonomi tersebut. Maka dari itu, kita tidak bisa terus seperti ini dan mulailah bangkit dan mempersiapkan diri menuju New Normal.

Persiapan New Normal Di Sekolah

Semenjak New Normal diberlakukan, beberapa sektor sudah mulai malakukan aktivitas seperti biasanya. Namun mereka harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan agar penyebaran virus mampu ditekan. Para pekerja kantor maupun pekerja di mall dan pusta perbelanjaan sudah mulai melakukan aktivitasnya.

Meskipun begitu, untuk sektor pendidikan sementara masih menjalankan kegiatan pembelajaran secara online atau daring. Kemudian timbul pertanyaan, mungkinkan para siswa dan mahasiswa dapat bersekolah seperti sedia kala? Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam menyongsong era New Normal di sekolah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Harus Paham Apa Itu New Normal

Hal pertama yang harus disiapkan adalah pemahaman seputar apa itu New Normal. Istilah ini bukan hanya sekedar slogan atau ungkapan saja. Istilah ini mengarah pada sebuah kondisi dimana masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya, seperti bersekolah.

Akan tetapi, dalam menjalankan aktivitasnya harus berpedoman pada protokol kesehatan yang berlaku. Para siswa harus diberi pengertian bahwa virus Corona masih belum hilang. Dengan begitu, mereka akan tetap waspada di dalam menjalankan aktivitas di sekolahnya.

2. Mengingatkan Bahasa Covid-19

Tips kedua yaitu orang tua maupun pihak sekolah harus tetap mengingatkan bahaya dari virus Corona. Tujuannya bukan untuk menakuti para siswa melainkan lebih kepada membuat mereka waspada terhadap lingkungan sekitar.

Orang tua dan pihak sekolah bisa memberikan pemahaman tentang apa yang bisa dan tidak boleh mereka lakukan. Dengan begitu, para siswa dapat menjalankan setiap kegiatan di sekolah sesuai dengan aturan kesehatan yang berlaku.

3. Biasakan Anak Mematuhi dan Melaksanakan Protokol Kesehatan

Selanjutnya, anak atau siswa juga harus diberi pemahaman tentang pentingnya mematuhi setiap aturan protokol kesehatan yang diterapkan oleh sekolah. Beberapa protokol kesehatan yang mungkin sudah kita ketahui bersama antara lain:

  • Memakai masker
  • Membawa hand sanitizer
  • Cek suhu badan
  • Rajin mencuci tangan
  • Menjaga jarak ketika berinteraksi
  • Tidak berbagi makanan maupun minuman
  • Hindari bersalaman

Selain itu, membawakan bekal makanan juga merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan para siswa. Dengan menerapkan semua ketentuan tersebut, mereka mulai memasuki New Normal dan tetap bisa menjalankan rutinitas di sekolahnya.

4. Melatih Kedisiplinan

Belajar di rumah tidak jarang membuat anak-anak kurang disiplin dalam mengatur waktu. Pada saat kegiatan sekolah kembali seperti semula, mereka harus mulai beradaptasi lagi seperti bangun pagi, mempersiapkan buku pelajaran, sarapan, dan lain sebagainya.

Di sinilah peran orang tua untuk memberikan pengertian dan membuat buah hatinya kembali disiplin. Dengan begitu, anak-anak akan lebih siap dan bisa kembali masuk sekolah seperti yang sudah mejadi rutinitas mereka sebelum adanya Covid-19.


Related Posts