Artikel

5 Minuman Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kamu

Melakukan aktivitas di tengah pandemi Covid-19 membuat kamu harus selalu memiliki daya tahan tubuh yang baik. Jika daya tahan tubuh Anda dalam kondisi baik, sistem kekebalan tubuh juga akan baik. Kondisi ini berguna untuk melawan serbuan penyakit yang bisa menyerang kapan saja dan dimana saja.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan untuk menjaga daya tahan tubuhmu. Di bawah ini beberapa minuman yang sudah terbukti efektif menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

1. Air Putih

Minuman sederhana yang pastinya dimiliki oleh siapapun oleh semua orang di dunia adalah air putih. Tubuh memerlukan air untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Pada saat seseorang mengalami dehidrasi, berpotensi menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Untuk manjaga kondisimu, air putih menjadi solusi yang efektif. Pastikan setiap hari anda minum air putih yang sesuai anjuran medis. Dengan minum air putih secara rutin, bukan hanya daya tahan tubuh yang terjaga, melainkan juga sistem pencernaanmu.

2. Teh Hijau

Jika kamu merupakan penikmat teh, kami sarankan untuk membiasakan diri mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau merupakan minuman yang mengandung kadar antioksidan yang banyak, yaitu polifenol.

Di dalam teh hijau juga terdapat katekin yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk itu, Anda bisa meminum teh hijau secara rutin dengan porsi dan batas yang masih sesuai.

3. Jus Tomat

Tidak bisa dipungkiri bahwa tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain untuk menjaga kesehatan mata, ternyata tomat juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa menyajikannya dengan cara di jus. Minuman ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk membuat sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang bagus.

4. Smoothies

Diantara ketiga minuman yang sudah kami sebutkan, mungkin minuman yang satu ini merupakan minuman yang kurang familiar. Smoothies merupakan minuman yang berasal dari gabungan berbagai nutrisi menjadi satu,

Kebutuhan vitamin A, protein, vitamin C bisa Anda dapatkan pada buah dan sayur. Sayur dan buah tersebut kemudiann dipadukan dengan takaran yang pas sehingga menjadikannya sebagai smoothies. Minuman ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuhmu.

Dengan meminumnya secara rutin, tubuh selalu sehat. Jadi, kamu bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang bisa menyerangmu kapan saja.

5. Yogurt

Yogurt juga bermanfaat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan probiotik mampu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu produk yogurt yang kami rekomendasikan adalah YoyiC.

Produk dari YoyiC ini terbukti efektif menjaga tubuh dari gangguan kesehatan. Mengkonsumsinya secara rutin juga bermanfaat menjaga sistem pencernaan.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Setelah Anda mengetahui apa saja minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh, informasi lain yang perlu kamu tahu adalah beberapa kondisi yang bisa mengakibatkan daya tahan tubuh menurun.

1. Stress

Penyebab pertama yang mengakibaktan daya tahan tubuh menurun adalah stress. Semua orang pasti pernah stress. Stress yang berlebihan mengakibatkan sakit kepala, rasa gelisah, dada sesak, dan lain sebagianya. Kondisi yang berlebihan mengakibatkan kekebalan tubuh menurun.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Pada saat tidur, sel-sel yang ada di dalam darah yang bertugas melawan infeksi bekerja untuk menajaga tubuh. Akan tetapi, ketika waktu tidur berkurang, sel-selĀ  tersebut tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik sehingga menyebabkan kamu rentan terkena kuman atau infeksi penyakit.

3. Kurang Asupan Nutrisi

Tubuh yang kekurangan nutrisi juga berpotensi mengakibatkan menurunnya daya tahant ubuh. Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang berasal dari buah, sayur, dan sumber-sumber lainnya.

Nutrisi yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin C. Jadi, ketika tubuh kekurangan vitamin C, berakibat mudahnya terserang penyakit, seperti virus atau kuman.

 


Related Posts