Artikel

5 Penyebab Daya Tahan Tubuh Kamu Menurun

Daya tubuh kamu menurun? Apa penyebabnya? Kita sekarang berada dalam kondisi pandemi Covid-19. Virus Corona memang sudah menyebar kemana-mana dan korbannya pun jumlahnya sudah sangat banyak. Kita harus selalu memiliki daya tahan tubuh yang baik agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus Covid-19 ini.

Daya tahan tubuh yang menurun bisa membuatmu rentan terkena virus, bakteri, maupun benda asing yang berpotensi menimbulkan penyakit. Kemampuan tubuh di dalam melawan penyakit berasal dari sistem imun. Ketika sistem imun melemah, tubuh kamu rentan terserang penyakit.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun? Berikut ini akan kami jelaskan kepada kamu mengenai apa saja yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun yang menyebabkan potensi terserang penyakit bisa lebih besar.

1. Stres

Penyebab pertama dan mungkin yang paling umum adalah stres. Tentu semua orang pernah mengalami stres yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Stres yang berlebihan bahkan bisa mengakibatkan sakit kepala, rasa gelisah, sakit di bagian dada, maupun rasa tegang.

Semua kondisi tersebut berpotensi mengakibatkan daya tahan tubuhmu menurun. Sistem imunmu dituntut bekerja lebih keras untuk menghindarkan tubuh Anda dari ancaman kesehatan.

2. Kurang Berolahraga

Sistem kekebalan tubuh yang menurun juga bisa berasal dari waktu olahraga yang kurang atau bahkan kamu tidak berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan jika seseorang yang rutin berolahraga bisa meningkatkan fungsi neutrofil.

Neutrofil adalah sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan kamu. Ketika seseorang jarang berolahraga, fungsi neutrofil ini akan menurun.

Akibatnya, fungsinya yang membunuh mikroorganisme pun akan berkurang. Kemudian, tubuh kamu akan lebih rentan terkena penyakit. Jadi, biasakann untuk rutin berolahraga agar daya tahan tubuhmu tetap sehat.

3. Kurang Tidur

Penyebab ketiga mengapa daya tahan tubumu menurun yaitu karena kurang waktu tidur. Bagi kamu yang kebiasaan begadang, sangat penting untuk memperhatikan kesehatanmu. Begadang memang terkadang tidak masalah jika memang untuk tuntutan kerja atau hal penting lainnya.

Akan tetapi, kamu juga harus memperhatikan kesehatanmu. Jangan sampai terlalu sering begadang sampai waktu tidurmu berkurang. Selain itu, tetap konsumsi makanan dan minuman yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya adalah yogur dari YoyiC.

4. Dehidrasi

Selain ketiga hal di atas, penyebab lain daya tahan tubuh menurun adalah dehidrasi. Setiap jaringan tubuh selalu bergantung pada air karena fungsinya yang membawa nutrisi serta mineral menunju sel. Selain itu, air juga berguna menjaga tenggorokan, mulut, dan juga hidung agar tetap lembab.

Tubuh manusia memang terdiri 60% air. Namun kamu kehilangan cairan ketika buang air, bernapas, berkeringat, dan lain-lain. Dehidrasi terjadi ketika tubuhmu kekurangan cairan. Dehidrasi yang ringan lebih mudah diatasi.

Namun, untuk dehidrasi akut bisa mengancam jiwa. Dehidrasi yang parah mengakibatkan detak jantung lebih cepat, sakit kepala, sembelit, dan membuatmu mudah lelah. Kondisi ini kemudian berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh.

5. Kurang Asupan Nutrisi

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu juga  harus memenuhi kebutuhan nutrisimu setiap hari. Kebutuhan nutrisi bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan lain-lain. Bahkan kamu juga bisa mendapatkannya melalui YoyiC Yogurt.

Dengan mengkonsumsi yogurt dari YoyiC dan ditambah dengan makanan bernutrisi lainnya sehingga sistem kekebalan tubuh akan terjaga. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah terkena penyakit.

 


Related Posts