Artikel

5 Tips Agar Tetap Semangat di Kantor

Semangat kerja merupakan salah satu kunci keberhasilan. Ketika semangat turun akan berpengaruh terhadap kinerja. Sebaliknya, ketika seseorang bersemangat, maka kinerjanya akan semakin baik. Namun bagaimana cara agar kita tetap bekerja di kantor selama pandemi?

Virus Corona memang sudah melumpuhkan hampir semua aktivitas. Semua orang mau tidak mau harus berdiam diri di rumah jika tidak ada kegiatan penting yang mengharuskan mereka keluar rumah. Bekerja pun juga harus dari rumah sehingga istilah WFH atau Work From Home menjadi populer.

Akan tetapi, perlahan beberapa sektor sudah mulai aktivitasnya meskipun dengan peraturan yang ketat. Kita yang sebelumnya telah libur lama atau bekerja dari rumah, tidak jarang semangat kita menurun ketika harus bekerja di kantor.

Tips Tetap Semangat Bekerja di Masa New Normal

Untuk membuatmu tetap semangat bekerja di masa New Normal, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan sendiri agar kamu selalu semangat dalam bekerja.

1. Temukan Apa yang Membuatmu Bahagia

Tips pertama yaitu kamu harus mampu menemukan kira-kira apa yang bisa membuatmu bisa bahagia dan bersemangat bekerja. Coba kamu pikirkan kira-kira hal apa yang bisa membuatmu kembali bahagia dan bersemangat, misalnya kebiasaan atau aktivitas tertentu seperti berolahraga, minum kopi, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan hal yang sederhana ini sudah cukup membuatmu bahagia. Ketika kamu sudah bahagia, maka semangatmu juga akan meningkat dan siap menyelesaikan tugas-tugasmu di tempat kerja.

2. Fokus Terhadap Masa Depan

Tidak sedikit kondisi keuangan semakin menurun karena Covid-19. Ketika kamu sudah mulai bekerja di kantor, kamu harus tetap fokus demi masa depanmu. Fokuslah untuk mulai membangun kembali mimpimu dan mulai mengembalikan kondisi keuanganmu.

Dari sini kamu akan mulai semangat bekerja. Ketika kamu fokus, maka pekerjaanmu berpotensi bisa kamu selesaikan dalam waktu yang lebih singkat. Namun tetap kamu harus berhati-hati.

3. Buat Tempat Kerja Senyaman Mungkin

Tips agar tetap semengat bekerja di kantor juga bisa kamu lakukan dengan membuat tempat kerja senyaman mungkin. Kenyamana bekerja memang salah satunya didukung oleh ruangan kerja itu sendiri. Ruangan kerja yang sempit atau desain yang membosankan terkadang bisa menurunkan semangat kerja.

Maka dari itu, sekarang kamu mulai melakukan perombakan terhadap ruang kerjamu. Kamu bisa mengatur sesuai keinginan dan pokoknya buat senyaman mungkin yang sekiranya kamu bisa bekerja dengan nyaman dan mampu memberikan hasil kerja yang memuaskan.

4. Istirahat yang Cukup

Selain melakukan ketiga tips di atas, tips yang juga tidak kalah penting adalah pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup. Mungkin kamu masih pertama kali atau masih beberapa hari masuk kerja. Kondisi ini membuat kebiasaanmu yang sebelumnya hanya berada di rumah, sekarang kamu harus mengubahnya.

Mengubah langsung kebiasaan tersebut terkadang membuat tubuh kita seperti ‘kaget’ karena sudah terbiasa tidak capek. Maka dari itu, kamu harus meluangkan waktu untuk istirahat. Jangan memaksakan kondisi tubuhmu untuk terus bekerja ketika kamu sudah merasa lelah.

Istirahatlah beberapa menit, kemudian lanjutkan kembali pekerjaanmu. Dengan begitu, kamu tetap menjadi seseorang yang produktif dan kinerjamu tidak akan menurun.

5. Konsumsi Makanan Untuk Meningkatkan Semangat

Tips agar tetap semangat di kantor yang terakhir yaitu mengkonsumsi makanan yang mampu meningkatkn semangat. Setidaknnya ada beberapa makanan yang dipercaya meningkatkan semangatmu setelah kamu mengkonsumsinya.

Beberapa makanan tersebut antara lain:

  • Ikan berlemak
  • Dark Chocolate
  • Makan fermentasi
  • Oat
  • Pisang
  • Kacang-kacangan, dan lain-lain

Kamu bisa mengkonsumsi salah satunya dengan porsi yang wajar untuk menjaga semangatmu selama berada di kantor. Dengan begitu, kamu tetap bisa menjaga mood dan kinerjamu agar tida menurun.

 

 


Related Posts