Artikel

5 Tips Bersepeda Sehat dan Aman di Masa New Normal

Di tengah pandemi Covid-19 ini, animo masyarakat untuk bersepeda semakin meningkat. Hal ini bisa kamu lihat sendiri dimana populasi pengguna sepeda semakin banyak ditemukan di jalan raya. Sepeda memang menjadi alternatif untuk beraktivitas.

Bersepeda juga menjadi salah satu cara berolahraga tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Bagi kamu yang ingin bersepeda, kamu harus tetap memperhatikan semua aturan pemerintah. Jangan sampai kamu mengabaikannya karena dikhawatirkan malah merugikan dirimu sendiri.

Tips Bersepeda yang Sehat Di Masa New Normal

1. Selalu Patuhi Protokol Kesehatan

Tips bersepeda yang sehat dan aman bisa kamu mulai dengan mematuhi semua protokol kesehatan. Jika kamu belum tahu, kamu bisa mencari informasi kira-kira apa saja protokol yang harus kamu patuhi selama bersepeda.

Jangan sampai dengan alasan berolahraga, kamu mengabaikan protokol kesehatan tersebut. Beberapa protokol kesehatan ketika bersepeda antara lain:

  • Memakai masker
  • Jarak jarak
  • Rutin cuci tangan, baik dengan sabun dan juga air mengalir maupun dengan hand sanitizer
  • Cek kesiapan sepeda

Selain itu, sebelum kamu memutuskan untuk Gowes, kami sarankan kamu selalu mengupdate informasi seputar perkembangan virur Corona. Kami juga tidak menyarankan kamu bersepeda di daerah yang tergolong zona merah karena dikhawatirkan akan berpotensi tertular Covid-19.

2. Melaksanakan Protokol Kesehatan Selama Berolahraga

Protokol kesehatan bukan hanya sekadar informasi yang kamu ketahui. Protokol kesehatan tersebut harus benar-benar kamu laksanakan setiap saat. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, diantaranya:

  • Pastikan tubuhmu dalam kondisi sehat. Jika ternyata kamu memiliki gejala seperti pilek, demam, bersin, nyeri tenggorokan, maupun sesak nafas, kami sarankan agar kamu tetap berdiam diri di rumah. Cukup lakukan olahraga di dalam rumah saja.
  • Selalu pakai masker kemana pun kamu ingin melakukan kegiatan di luar, termasuk bersepeda.
  • Hindari kontak fisik untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.
  • Ketika sudah berada di rumah, segera cuci tangan baik dengan sabun dan air mengalir maupun denga hand sanitizer. Kami menyarankan agar kamu segera membersihkan badanmu dan mengganti pakaianmu.

3. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Selain mematuhi protokol kesehatan, tips bersepda sehat dan aman juga harus memperhatikan aturan lalu lintas. Mungkin kamu sering melihat orang bersepeda yang berjajar dua dan bahkan sampai tiga hingga hampir memakan separuh jalan.

Hal seperti ini sangat berbahaya. Bukan hanya akan menimbulkan kemacetan melainkan juga bisa mengkibatkan kecelakaan. Akhirnya, yang rugi bukan hanya pesepeda tersebut melainkan orang lain. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatanmu dan orang lain.

4. Intensitas Bersepeda Jangan Sampai Terlalu Berat

Bersepeda dengan memakai masker tentu berat. Maka dari itu, kami menyarankan agar bersepeda hanya dimanfaatkan sebagai olahraga ringan saja dan jika perlu hanya sebagai olahraga senang-senang saja. Terlebih lagi bagi orang-orang yang baru pertama kali membiasakan diri bersepeda.

Namun untuk orang-orang yang sudah terbiasa dan bahkan yang sudah sering menempuh perjalanan jauh atau touring, memakai masker sambil bersepeda kemungkinan besar bukan sebuah halangan. Namun tetap perhatikan intensitas bersepeda dan jangan sampai berlebihan dengan memaksakan staminamu.

5. Perhatikan Keselamatan

Tips bersepeda sehat dan aman yang terakhir adalah dengan memperahtikan keselamatan. Untuk menjaga keselamatanmu, jangan lupa memakai helm serta pakaiann penutup. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika kamu terjatuh.

Selain itu, pastikan sepedamu dalam kondisi yang baik. Selalu cek kondisi ban dan rem dan lain-lain agar bersepeda terasa nyaman dan sehat.


Related Posts