Artikel

Tips Supaya Tetap Seru Puasa Ramadhan dan Lebaran di Rumah

Saat ini Indonesia sedang dilanda virus Covid19 yang mana semakin lama sepertinya penyebarannya sudah semakin meluas. Pemerintah kemudian memutuskan untuk membatasi semua aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan ibadah. Pemerintah menyarankan agar ibadah puasa dan lebaran cukup dilakukan di rumah.

Tentunya keputusan yang diambil tersebut demi kebaikan bersama dan untuk menekan angka penyebaran virus. Namun tentunya kondisi seperti ini tidak boleh menghalangi kamu untuk tetap menjalankan ibadah puasa dan lebaran dengan suasana yang seru dan menyenangkan.

Tips Saat Puasa Ramadhan dan Lebaran Di Rumah

Berikut ini kami akan membagikan informasi menarik seputar beberapa tips yang akan membantumu teteap menikmati serunya menjalankan ibadah puasa ramadhan dan lebaran meskipun hanya di rumah saja.

1. Membuat list menu berbuka puasa

Tips pertama yang bisa mulai kamu lakukan adalah membuat daftar menu berbuka puasa selama bulan puasa. Seperti kita tahu bahwa kita sekarang tidak bisa sembarangan pergi ke luar untuk membeli makanan maupun membeli bahan-bahan pokok. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan semuanya agar kamu tidak sering-sering keluar rumah.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat list seputar menu berbuka puasa selama menjalankan ibadah puasa. Kamu harus memastikan bahwa menu berbuka puasa tersebut beragam yang tidak sampai membuat kamu maupun anggota keluargamu bosan dan malah tidak bersemangat mengkonsumsinya.

Kamu bisa meminta saran kepada anggota keluarga lainnya tentang menu berbuka puasa kesukaan mereka. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyusunnya sesuai dengan yang mereka inginkan.

2. Shalat tarawih bersama di rumah

Memang pemerintah menyarankan agar masyarakat tidak melaksanakan shala tarawih di masjid. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidk shalat tarawih karena kamu masih bisa melakukannya di rumah. Dikarenakan jumlah shala tarawih tidak sedikit, maka akan lebih seru ketika kamu melaksanakannya secara berjamaah dengan anggota keluarga yang lainnya.

Hal seperti ini akan semakin menambah keseruan dibandingkan harus shalat tawarih sendiri-sendiri. Momen shalat tarawih berjamaah seperti ini juga bisa menjadi momen kumpul keluarga yang jarang bisa kamu lakukan. Namun perlu diingat bahwa yang menjalankann ibadah shalat tarawih berjamaah hanyalah keluarga inti.

3. Tadarus Al-Qur’an bersama

Tips keseruan menjalankan ibadah puasa dan lebaran di rumah yang tidak kalah penting yaitu kamu bisa mengaji bersama-sama atau tadarus bersama anggota keluarga yang lainnya. Sama halnya dengan shalat tarawih berjamaah, momen seperti ini juga akan semakin menambah keseruan dibandingkan harus mengaji sendiri-sendiri.

4. Membuat kue lebaran sendiri

Tips keempat adalah kamu bisa membuat kue lebaran dengan tanganmu sendiri dan mengkreasikannya sesuai keinginanmu. Dibandingkan harus membeli kue lebaran di luar yang berpotensi menimbulkan hal yang tidak diinginkan, kamu masih bisa membuat kue lebaran di rumah.

Ditambah lagi kamu berada di jaman yang serba maju sehingga kamu tinggal mencari kue lebaran mana yang mudah dan tidak ribet namun memiliki rasa yang lezat. Jika kamu bosan membuat kue sendiri, kamu bisa membuat kue lebaran bersama anggota keluargamu.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar puasa dan lebaranmu tetap seru. Jangan lupa untuk mengkonsumsiĀ  yogurt yoyiC sebagai menu berbuka puasa dan sahur yang lezat serta menyenangkan. Ada beberapa menu yogurt yoyiC yang bisa kamu konsumsi seperti YoyiC Fermented Milk Drink, YoyiC Yogurt Drink, dan YoyiC Dessert Yogurt.

Dengan mengkonsumsi produk dari yoyiC, maka ibadah puasamu akan lebih tenang karena tidak akan mengalami gangguan pencernaan. Semoga bermanfaat.


Related Posts