Artikel

5 Manfaat Mengkonsmsi Yoghurt Sebelum Tidur

Apa anda termasuk salah satu penggemar yoghurt? Yoghurt merupakan susu hasil fermentasi yang termasuk salah satu produk olahan susu yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Yoghurt juga sering dikaitkan dengan pola hidup sehat karena sering mengkonsumsi yoghurt akan membuat tubuh selalu sehat dan bugar.

Manfaat yoghurt sebenarnya juga bisa anda dapatkan ketika menjadikannya sebagai masker wajah. Kulit wajah akan tampak lebih bersih halus dan tentunya lebih terlihat awet muda.

Yoghurt juga terkadang dijadikan sebagai minuman favorit sebelum tidur. Ada manfaat tersendiri yang akan didapatkan bagi mereka yang membiasakan mengkonsumsi yoghurt sebelum tidur. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini beberapa manfaatnya untuk anda.

Manfaat Mengkonsumsi Yoghurt Sebelum Tidur

1. Tidur lebih nyenyak

Manfaat pertama dari membiasakan diri mengkonsumsi yoghurt adalah membuat tidur anda lebih nyenyak. Hal ini karena kandungan tryptophan yang terdapat di dalam yoghurt yang nanti akan berperan dalam memproduksi hormon serotonin maupun melatonin. Kedua hormon inilah yang nanti akan membantu membuat tidur anda nyenyak.

Maka dari itu, anda bisa menjadikan yoghurt sebagai salah satu minuman yang wajib anda konsumsi sebelum tidur, terutama ketika anda memiliki jadwal yang padat. Dengan begitu, tidur anda akan nyenyak dan ketika bangun maka tubuh akan lebih segar.

2. Tidak menimbulkan alergi

Perlu anda tahu bahwa tryptophan yang terkandung di dalam yoghurt sebanding dengan segelas susu. Biasanya orang-orang akan menjadikan susu sebagai minuman wajib sebelum tidur. Maka dari itu, bagi para penderita laktosa bisa menjadikan yoghurt sebagai cara meningkatkan kualitas tidur.

Bakteri yang ada di dalam yoghurt mampu mengubah laktosa menjadi asam laktat. Selanjutnya akan mengurangi kadar laktosa yang kemudian aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki riwayat alergi.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Yoghurt juga bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Masalah pencernaan merupakan salah satu kondisi yang membuat tidur kita terganggu. Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan mengkonsumsi yoghurt sebelum tidur. Yoghurt juga mudah dicerna tubuh sehingga cocok untuk cemilan malam.

4. Mengontrol berat badan

Manfaat keempat dari mengkonsumsi yoghurt sebelum tidur adalah mampu mengontrol berat badan. Bagi anda yang sebelumnya sering makan malam, maka bisa menggantinya dengan yoghurt.

Yoghurt juga mampu membuat anda kenyang sehingga bisa menjadi pengganti makan malam anda. Dengan begitu, berat badan anda bisa terkontrol dan tidak sampai membuat berat badan anda naik.

5. Membentuk otot

Manfaat mengkonsumsi yoghurt sebelum tidur juga bisa membantu dalamm membentuk otot. Di dalam yoghurt mengandung protein yang bermanfaat dalam membentuk otot ketika anda terlelap. Dengan mengkonsumsi yoghurt, maka otot anda akan tetap terjaga dan tetap dalam kondisi yang baik. Untuk setiap 8 ons mengandung kurang lebih 11 gram protein.


Related Posts