Artikel

Sebelum Masuk Rumah Dari Bepergian, Lakukan Ini Dulu Ya

Sudah 2 minggu sejak pemerintah menghimbau agar masyarakat berada di rumah. Sebagian masyarakat memang peduli dan patuh terhadap himbauan dari pemerintah. Akan tetapi, terkadang ada beberapa kondisi tertentu yang mau tidak mau kita harus keluar rumah, misalnya membeli kebutuhan pokok atau bahkan harus bekerja.

Padahal kondisi di luar sana membuat kamu rentan terkena virus maupun kuman yang juga rentan menular kepada orang lain. Kamu sudah pasti tidak ingin hal seperti ini terjadi kepadamu dan keluargamu. Maka dari itu, penting untuk menyimak beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini.

Tips Sebelum Masuk Rumah Dari Bepergian

1. Letakkan alas kaki di depan, jika perlu semprot dengan disinfektan

Tips yang pertama sebelum kamu masuk ke rumah adalah letakkan alas kakimu di luar. Kebiasaan beberapa masyarakat Indonesia adalah membawa alas kaki ke dalam rumah dan baru melepaskannya. Mungkin sebelumnya hal ini terkesan biasa saja, namun di suasana yang genting seperti ini maka kamu harus berhati-hati dalam melakukan setiap aktivitasmu.

Kamu harus melepaskan semua alas kaki di luar rumah sebelum mulai membuka pintu. Jika ternyata kamu sudah menyiapkan disinfektan, maka sekalian kamu semprot alas kakimu tersebut untuk membenuh kuman dan virus yang berpotensi menempel di alas kaki.

2.  Cuci tangan dan kaki

Setelah kamu selesai menyemprot alas kaki, maka sekarang giliran kamu yang harus membersihkan kaki dan tanganmu. Sebelumnya tanpa kamu sadar sudah berapa banyak kamu menyentuh barang atau berjabat tangan dengan orang lain. Yang kamu lakukan tersebut bisa berdampak negatif karena dikhawatirkan ada virus yang menempel yang terbawa sampai ke rumah.

Maka dari itu, sebelum masuk rumah, maka kamu harus membersihkan tangan dan kakimu. Bersihkan dengan air mengalir dan sabun. Untuk itu penting untuk menyiapkan tempat cuci di luar rumah agar sebelum masuk rumah, kondisimu sudah bersih dan bisa menghilangkan semua rasa kekhawatiran di dalam dirimu.

Lalu bagaimana jika ternyata kamu tidak menyiapkan tempat cuci tangan? Jika ada disinfektan atau hand sanitizer, maka sementara gunakanlah itu dulu. Baru setelah itu segeralah ke kamar mandi untuk membersihkan kaki dan tanganmu.

3.  Buang barang-barang yang sudah kamu pakai

Jika ada barang-barang yang sudah tidak kamu gunakan seperti masker bekas, nota belanja, bungkus makanan, dan lain-lain, maka segeralah membuangnya ke tempat sampah. Jangan pernah menumpuk sampah atau barang-barang yang sudah tidak kamu pakai karena kondisi ini hanya akan membuat rumahmu kotor dan menjadi sarang penyakit.

Untuk itu, carilah barang-barang yang sudah tidak kamu gunakan atau memang sudah tidak bisa digunakan lagi. Dengan begitu, rumahmu akan aman dan sedap dipandang karena tidak ada barang-barang berserakan.

4. Lap dan keringkan barang-barang yang sering kamu gunakan

Barang-barang yang sering kamu pakai seperti kacamata, smartphone, atau kunci kendaraan juga harus kamu bersihkan agar tidak ada kotoran, kuman, atau bahkan virus yang menempel. Kamu bisa mengelapnya dengan air sabun dan lalu kamu tinggal keringkan saja.

Cara ini efektif untuk menekan penyebaran virus dan kuman. Jadi, sekarang coba kamu cari barang-barang yang sering kamu gunakan dan segeralah mencucinya.

5. Segera mandi

Jika kamu sudah membersihkan barang-barangmu, maka sekarang mulaihlah membersihkan diri. Kamu harus mandi, keramas, gosok gigi agar kuman dan virus hilang dan tidak menempel di badanmu. Pastikan kamu sudah membersihkan semua area di badanmu sehingga tidak akan memunculkan kekhawatiran lagi.

Itulah beberapa tips penting sebelum kamu masuk rumah. Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengkonsumsi makanan atau minuman untuk semakin menunjang kesehatanmu. Kamu bisa mengkonsumsi produk yoyiC yang sudah terkenal dimana-mana.

Beberapa produk yoyiC yang kami rekomendasikan adalah yoyiC Yogurt Drink, yoyiC Desert Yogurt, dan yoyiC Fermented Drink. Dengan semua kandungan zat di dalamnya, akan membantu membuat tubuhmu selalu dalam kondisi yang segar dan bugar.


Related Posts